Tangani Covid-19, Pemprov Banten Pinjam Dana Rp800 Miliar ke BJB

  • Whatsapp
anggaran covid-19
ilustrasi - Untuk penanganan covid-19 Pemprov Banten pinjam dana ke Bank BJB.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemprov Banten melakukan peminjaman jangka pendek kepada Bank BJB sebesar Rp800 miliar. Pinjaman tersebut rencananya akan dialokasikan seluruhnya untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Banten.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Rina Dewiyanti mengatakan, pinjaman ini dilakukan untuk menutupi kekurangan dana dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Banten.

Bacaan Lainnya

“Seluruhnya akan dialokasikan ke penanganan Covid-19,” kata Rina melalui pesan singkat, Selasa (5/5/2020).

Pemprov Banten, kata dia, kini sudah melakukan finalisasi refocusing tahap III sebesar Rp1,22 triliun. Kemudian ditambah dengan Bantuan Keuangan (Bankeu) Kabupaten/Kota yang seluruhnya dimasukkan ke Biaya Tak Terduga (BTT) sebesar Rp440 miliar. Sehingga total BTT secara keseluruhan mencapai Rp2 triliun lebih.

“Sekarang sedang finalisasi laporan ke Kemendagri,” katanya. Namun, saat ditanya apakah pinjaman ini akan masuk ke BTT, Rina tidak menjawab.

Melalui surat dengan nomor 980/434-BPKAD/2020 tertanggal 29 April 2020, Pemprov melakukan pinjaman daerah ke Bank BJB sebesar Rp800 miliar, dengan jangka waktu pembayaran kurang atau sama dengan satu tahun anggaran, dengan kewajiban pembayaran kembali pinjaman dilunasi dalam tahun anggaran berkenaan, tanpa dikenakan biaya bunga pinjaman.

Peminjaman itu dilakukan mengingat Pemprov Banten sedang dalam masa transisi administrasi terhadap pengakuan kas dan untuk menutupi defisit cash flow yang terjadi akibat dari wabah Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah di Provinsi Banten.

Sehingga kemudian sumber-sumber penerimaan daerah, baik Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun pendapatan dari dana perimbangan mengalami penurunan. Sementara penanganan dampak Covid-19 baik ekonomi, sosial maupun yang lainnya harus segera direalisasikan.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.