Tangani Covid-19, Pemkot Cilegon Gelontorkan Rp74 Miliar

  • Whatsapp
anggaran covid-19 Kota Cilegon
Pemkotr Cilegon menggelar Rapat percepatan penanganan Corona virus disease atau Covid-19 dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon di aula Bapedda Kota Cilegon, Senin (20/4/2029).

CILEGON, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon tengah menyiapkan anggaran Rp74 Miliar guna penanganan selama Pandemi Corona virus disease atau Covid-19. Diketahui, anggaran tersebut berasal dari APBD reguler Kota Cilegon Rp2 miliar dan refocusing APBD Cilegon Rp27 Miliar serta bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sebesar Rp45 miliar. Sehingga jika ditotal Pemkot Cilegon tengah menyiapkan Rp74 Miliar untuk Penanggulangan Covid-19.

Diketahui, jumlah tersebut disampaikan saat ekspose anggaran refocusing yang akan digunakan untuk percepatan penanganan Covid-19 dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon di Ruang Rapat Utama Bappeda Cilegon, Senin (20/4/2020).

Bacaan Lainnya

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan untuk prioritas penanganan kesehatan, jaringan pengaman sosial (JPS) dan dampak ekonomi.

“Nanti, dari tim Kejaksaan akan mengkaji, membandingkan antara APBD awal (reguler 2020) dengan yang refocusingnya, betul tidak anggaran yang Rp27 Miliar itu diambil dari APBD reguler ke Covid-19,” kata Azis kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Ia juga mengatakan, Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan mendapatkan dana tersebut diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik (DKISS) Kota Cilegon guna penanganan kesehatan.

BACA JUGA:

. Kapolres Sebut Ratusan Karyawan Hotel dan Restoran di Cilegon Terdampak Covid-19

Selain itu, lanjut Aziz, guna penanganan dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial diantaranya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, serta Dinas Perhubungan Kota Cilegon.

“Nantinya dari OPD terkait teknis yang akan berkonsultasi langsung dengan kejaksaan (Kejari Cilegon),” ujar Kepala DKISS Kota Cilegon itu.

Ia juga menambahkan, anggaran tersebut akan digunakan selama penanganan dan penanggulangan dampak Covid-19 di Kota Cilegon. “Jadi, karena anggaran pun bisa dimungkinkan akan bertambah lagi, manakala pemberlakuan statusnya masih diperpanjang,” tandasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.