Taman Multatuli Penuh Sampah, DLH Lebak Kerahkan Tim Saber

  • Whatsapp
Petugas DLH Kabupaten Lebak melakukan peninjauan ke Taman Multatuli, Rangkasbitung.

REDAKSI24.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak Banten meminta semua elemen masyarakat yang menggunakan fasilitas umum (Fasum) di kawasan Kota Rangkasbitung, untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Terutama, di area taman Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Kami sudah menyediakan beberapa bak tempat penampungan sampah di kawasan RTH. Tapi, masih saja ditemukan sampah. Kami juga membersihkan secara intensif,” kata Kepala DLH Kabupaten Lebak, Nana Sundjana saat ditemui di RTH Taman Museum Multatuli, Selasa (20/8/2019).

Bacaan Lainnya

Dia menyayangkan masih adanya warga yang membuang sampah, seperti bekas minuman dan makanan tidak pada tempat yang sudah disediakan. Padahal, kata dia, bak sampah penempatannya tidak terlalu jauh dan terlihat sangat jelas.

“Saya aneh, bak sampah dekat dengan tempat duduk, tapi masih banyak sampah berserakan di RTH Museum Multatuli,” ungkapnya.

BACA JUGA:

. Kesadaran Warga Lebak Terhadap Kebersihan Dinilai Rendah

. Loka PSPL Serang Ajak Warga Bebersih Pantai Caringin Pandeglang

. Warga Resah, Kali Paninggilan Ciledug Kota Tangerang Berbusa

Dia mengingatkan, Tim Sapu Bersih (Saber) DLH Lebak berencana akan melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa Fasum yang tengah dikunjungi warga. Sidak bertujuan untuk meminimalisir sampah di area RTH.

“Intinya, kami mengajak semua elemen masyarakat untuk sadar menjaga lingkungan agar terbebas dari sampah. Kami akan monitoring lebih intensif dari hari-hari biasanya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut diua, pihaknya akan memberikan edukasi kepada pengunjung RTH melalui berbagai media himbauan agar warga sadar untuk menjaga kebersihan.

Di tempat yang sama, Abeng, seorang pengunjung RTH Museum Multatuli yang sedang menunggu rekannya menyebut, banyak sampah berserakan di pojok-pojok tanaman sehingga mengganggu kenyamanan.

Namun, tidak lama kemudian beberapa petugas kebersihan memunguti sampah-sampah itu dan dipindahkan ke bak sampah yang disediakan. Ia berharap generasi milenial memiliki rasa tanggung jawab untuk memperhatikan kebersihan lingkungan.(Yusuf/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.