Tahapan Pilkada Tangsel 2020 Dimulai 15 Juni, KPU Tunggu Peraturan Pusat

  • Whatsapp
Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro-istimewa.

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan 2020 akan dimulai 15 Juni mendatang.

Ketua Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, untuk update Pilkada Tangsel akan dilakukan 9 Desember 2020 sedangkan tahapnnya akan dimulai 15 Juni ini.

Bacaan Lainnya

“Sesuai keputusan politik bersama antara penyelenggaran KPU, Bawaslu, DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa waktu pemungutan suara dilaksanakan 9 Desember 2020 hari Rabu. Sedangkan tahapannya, dimulai pertengahan bulan ini,” katanya melalui telepon seluler, Sabtu (6/6/2020).

Tetapi, kata Bambang, untuk memulai tahapan Pilkada 2020, pihaknya masih menunggu peraturan teknis tentang pelaksanaan tahapan tersebut.

“Kalau untuk tahapannya sendiri, itu belum resmi keluar. Kemarin kami rakor bersama Kemendagri, KPU diwakili oleh anggotanya. Dalam forum itu, semua menunggu surat tahapan termasuk Bawaslu. Informasi dari KPU pusat, draft tahapan itu sudah selesai dan rapih sejak sepekan sebelumnya,” tambahnya.

Tetapi, lanjut Bambang, peraturan tahapan tersebut harus diundangkan dan masih berproses di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Saat ini masih proses di Kemenkumham. Memakan waktu cukup lama, karena ada tambahan aggaran baru untuk kebutuhan alat pelindung diri (APD). Mengingat, saat ini masih pandemi dan APD itu dibutuhkan,” tutur Bambang.

Sementara untuk tahapan awal yang diperkirakan dimulai 15 Juni 2020, Bambang memaparkan, ada empat agenda yang akan dilakukan. Yakni, pelantikan panitia pemungut suara (PPS) tingkat kelurahan, tahapan verifikasi faktual perseorangan, seleksi petugas pemutakhiran data pemilih petugas survei data pemilih, serta pemutakhiran data pemilihnya.

“Padahal waktu tanggal 21 Maret teman-teman tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) sudah melakukan gladi resik untuk pelantikan PPS tanggal 22 Maret, bahkan anggaran snack sudah dibelanjakan. Tetapi, karena keluar surat peghentian kegiatan berkaitan pandemi Covid-19 sekira pukul 00.00 WIB. Ya akhirnya, pelantikan ditunda,” paparnya.(wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.