Swab Test di Tigaraksa Sepi, Masyarakat Takut Mendekat

  • Whatsapp
Swab test di Tigaraksa sepi.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Swab test massal yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten di wilayah Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, sepi peminat. Sepinya Swab test tersebut dikarenakan banyak warga yang enggan datang dengan alasan takut. 

Dari pantauan Redaksi24.com di lokasi, swab test massal yang diperuntukan bagi masyarakat umum sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu nampak sepi peminat. Dari total target 200 warga hanya kurang dari separuhnya yang mau mengikuti swab test massal tersebut. 

Bacaan Lainnya

“Target 200 tapi sampai saat ini yang hadir baru sekitar 100 orang. Sampai saat ini belum memenuhi target tapi kita sudah berupaya koordinasi dengan Kecamatan, Desa dan sektor lainnya untuk mengadakan kegiatan ini,” kata Tim 4 Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dude Sadwaludin kepada Redaksi24.com, Selasa (21/7/2020). 

Menurut dia, kurangnya antusiasme masyarakat untuk mengikuti swab test massal itu disebabkan karena mereka masih takut dengan positif Covid-19. Selain itu juga pelaksanaan swab test karena kurangnya sosialisasi kepada warga.

BACA JUGA: Pelaksanaan Tes Swab di Kabupaten Tangerang Baru Mencapai 25 Persen

“Masyarakat rata-rata masih takut,  tapi kami juga sedang mencari cara supaya swab test massal ini bisa mencapai target,” ujarnya 

Ia menambahkan, adapun sasaran dalam swab test massal adalah masyarakat umum semua usia termasuk anak-anak maupun usia lanjut. Untuk petugas medisnya, lanjut Dude, yakni para tenaga medis dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten dibantu oleh Puskesmas Tigaraksa dan Puskesmas Pasirnangka. 

“Kalau dari Dinkes kabupaten tangerang sebetulnya kita ada tim, kita ada 5 tim setiap hari kita keliling. Kebetulan hari ini kita mendampingi dinas Provinsi Banten,” pungkasnya 

Desi (20), warga Tigaraksa yang ikut  swab test massal awalnya mengaku takut. Namun lantaran swab test dirasa penting, akhirnya ia memberanikan diri untuk ikut guna memastikan dirinya terpapar Covid-19 atau tidak. 

BACA JUGA: Hasil Tes Swab Kedua Negatif, Karyawan PT Adis Jalani Isolasi Mandiri di Rumahnya

“Baru pertama, awalnya takut karena sakit juga sih tadi. Tapi ini penting supaya nggak khawatir buat memastikan apakah kita terpapar virus Corona atau tidak,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.