Surat Terbuka Dari Guru di Tapal Kuda, Jawa Timur Untuk Mendikbud

oleh -
Surat terbuka
Surat Terbuka Guru di Tapal Kuda untuk Mendikbud.

SITUBONDO,REDAKSI24.COM—Seorang guru di di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur, YF Freel, menulis surat terbuka untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Surat terbuka itu ditulis YF Freel dalam akun Facebooknya, pada Sabtu 16 November 2019 lalu.

Redaksi24.com kemudian menghubungi YF Freel untuk mengklarifikasi surat tersebut. YF Freel membenarkan surat terbuka yang ditulisnya itu. Menurut YF Freel walaupun dirinya menyadari bukanlah orang yang berpengaruh dalam pemerintahan maupun dunia politik, namun apa yang dituliskan tersebut sebagai bentuk masukan kepada Mendikbud baru dalam merancang pendidikan kedepan khususnya saat memasuki era digital seperti sekarang ini.

Dalam tulisannya YF Freel mengatakan bahwa dunia digital menjadi tantangan tersendiri bagi penggiat pendidikan dalam menjalankan perannya. Namun lebih dari itu, pendidikan karakter tetap harus menjadi fokus utama.

“Sebagaimana yg di katakan oleh seorang ahli ‘kamisa’, bahwa karakter adalah sifat sifat kejiwaan, akhlak dan budi pekerti yang dapat membuat seseorang terlihat berbeda dengan orang lain,” tulis YF Freel.

Untuk itu lanjut YF Freel, kedatangan penggerak muda berbakat di dunia digitalisasi pendidikan ‘Nadiem Makariem’ diharapkan mampu memberi gebrakan baru yang nyata dalam kemajuan pendidikan yang tentunya tidak lari dari rel penanam karakter.

“Sejak masa lalu kita bangsa ini punya ribuan bahasa dalam memberikan pendidikan pada anak didik kita. Salah satunya adalah istilah ‘bapa, babhu, guru, rato’ ,yang artinya kita harus benar2 hormat pada kedua orang tua kita, ayah, ibu kemudian guru dan tak lupa juga harus mampu menghormati pemimpin/ pemerintah yang berdaulat.Jika semua itu terpatri dalam jiwa manusia Indonesia maka bangsa ini pasti penuh kedamaian di dalam rahmatNya, Dan yang jelas program digitalisasi di dunia pendidikan akan berjalan dengan tanpa kepincangan,” tulisnya.

Dalam tulisan akhirnya, YF Freel megucapkan selamat kepada Nadiem Makarim yang sudah diberikan amanah sebagai Mendikbud.  “Bravo mas Mentri semoga mampu memberikan terobosan baru yang bisa mensinergikan digitilisasi dengan karakter anak bangsa., Yang selalu tetap menjunjung tinggi etika dan norma.!!!,” tutupnya. (Markus/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.