Surat Suara Rusak untuk Pilkada Pandeglang Bertambah

  • Whatsapp
surat suara rusak, pilkada pandeglang, kpu pandeglang, logistik pilkada, pjs bupati pandeglang,
Pjs Bupati Pandeglang Gunawan Rusminto bersama Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai meninjau gudang logistik pilkada.

KABUPATEN PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – KPU Pandeglang kembali menemukan ratusan surat suara untuk pemilihan Bupati-Wakil Bupati Pandeglang 9 Desember mendatang yang kondisinya rusak.

Sebelumnya, sebanyak 47 surat suara ditemukan dalam kondisi rusak. Hari ini, sebanyak 136 surat suara juga ditemukan rusak. Sehingga surat suara yang rusak jumlahnya menjadi 183 lembar.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai mengatakan, pada hari pertama proses sortir dan pelipatan surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang 2020, sudah menghasilkan sebanyak 280 ribu ssurat suara dan ditemukan sebanyak 47 lembar surat suara yang rusak.

Pada hari kedua proses sortir dan pelipatan surat suara, kata dia, sudah menghasilkan sebanyak 418 ribu yang sudah terlipat dan surat suara yang ditemukan rusak pada hari kedua sebanyak 136 lembar.

“Jadi secara keseluruhan proses sortir dan pelipatan surat suara itu sudah menghasilkan sebanyak 698 ribu, dari total jumlah surat suara sebanyak 928.525. Jumlah surat suara yang diketahui rusak sebanyak 183 lembar,” ungkap Sujai saat mendampingi Pjs Bupati Pandeglang meninjau gudang logistik Pilkada 2020, Rabu (2/12/2020).

BACA JUGA: KPU Pandeglang Temukan 47 Surat Suara Pilkada Rusak

Dia memastikan, prosea sortir dan pelipatan surat suara selesai dikerjakan hari ini, Rabu (2/12/2020). Dan hari ini juga pihaknya sudah mulai melakukan pengesetan atau pengalokasian surat suara per-TPS secara simultan.

Sujai menyebut, kemungkinkan surat suara yang rusak masih akan bertambah. Tapi, jika dipersentasekan, jumlah surat suara yang rusak saat ini tidak mencapai 1 persen. Untuk surat suara saat ini, menurut dia, masih relatif aman meskipun ada sebagian kecil yang rusak.

“Tapi jika akhir proses sortir dan pengesetan ada surat suara yang kurang, tentu kami akan buat berita acara untuk disampaikan kepada pihak pencetak. Kalau ada kelebihan nanti juga kami akan melakukan pemusnahan disaksikan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Dipastikannya lagi, untuk pendistribusian logistik berupa surat suara itu akan dilakukan mulai Kamis 3/12/2020). Mulai dari Kecamatan Cikesik, Munjul, Angsana, Sindangresmi, Picung dan Bojong.

“Dan nanti pada tanggal 4 Desember, pendistribusian logistik ke Kecamatan Sumur, Cibitung, Cimanggu, Cibaliung, Cigelis, Sobang dan Panimbang,” tuturnya.

Sementara Pjs Bupati Pandeglang, Gunawan Rusminto mengatakan, pihaknya ingin memastikan kelengkapan logistik Pilkada sebelum didistribusikan ke Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami juga akan terus mengawalnya sampai tuntas,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.