Sungai Cisadane Meluap, Ribuan Rumah di Tangerang Terendam

oleh -
SISAKAN ATAP : Bangunan rumah makan Istana Nelayan yang berada di pinggir Sungai Cisadane hanya terlihat atapnya saja akibat meluapnya Sungai Cisadane, Jumat, (26/4/2019)

TANGERANG,R24—Akibatcurah hujan lebat di wilayah Bogor, air Sungai Cisadane meluap  pada Jumat (27/4/2019). Air yang meluap  sejak pukul 05.00 WIB tersebut membuat ribuan rumah di Kota Tangerang yang terendam banjir.  

Endang salah seorang warga Panunggangan Barat mengatakan, banjir terjadi mulai subuh. Menurut Endang, ketinggian air akibat meluapnya Sungai Cisadane tersebut bervariasi tergantung ketinggian lahan pemukiman dan dekat tidaknya dengan sungai.

“Di wilayah Rw 001 Dengan ketinggian rata rata air +- 80 Cm sebatas pinggang, untuk dipinggir sunggai bisa mencapai 2,5 Meter,” papar Endang.

Sementara itu, Kasubag Humas Pemkot Tangerang, Felix mengatakan, banjir tersebut terjadi di Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Menurut Felix  sedikitnya ada lima RT di RW 001 yang terendam banjir. Antara lain di RT 01 terdapat 150 KK, RT 02 berjumlah 110 KK, RT 03 berjumlah 150 KK, RT 04 berjumlah 175 KK dan RT 07 berjumlah 20 KK.

” Di Panunggangan Barat yang terdampak banjir luapan Sungai Cisadane ini mencapai 605 KK. Dengan ketinggian mencapai 170 cm,” ujar Felix kepada wartawan , Jumat (26/4/2019).

Sedangkan di Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, lanjut Felix  terdapat 2 RT di RW 01 yang terkena banjir. Antara lain 40 rumah dan 134 warga di RT 01, serta 43 rumah dan 271 warga di RT 02.

“Terakhir yang terkena dampak itu di Kecamatan Neglasari, tepatnya di Kelurahan Kedaung Wetan, Kedaung Baru dan sebagian Selapanjang,” ujar Felix.

Felix mengutarakan hingga saat ini sesuai instruksi WalikotaArief R Wismansyah,  seluruh petugas gabungan yang terdiri dari kelurahan, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas Perhubungan dan BPBD, sudah berusaha untuk mengatasi  dampak luapan Sungai Cisadane tersebut.

Selain itu menurut Felix untuk mengurangi genangan banjir, pihaknya telah membuka membuka 4 pintu air di anak kali Sungai Cisadane. (hdr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.