Sungai Ciebeurem dan Jamlaung Meluap Ratusan Hektar Sawah di Lebak Terendam Banjir

  • Whatsapp
Maja, Lebak terendam banjir.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Ratusan hektar di Desa Gubungan Cibeureum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak terendam banjir, Kamis (14/5/2020). Banjir tersebut merupakan luapan air Sungai Ciebeurem, dan Sungai Jamlaung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kedua sungai tersebut meluap karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah itu sejak Rabu (13/5/2020) sore hingga malam hari.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Gubugan Cibeureum, Mumuh Mahmudin mengatakan, sedikitnya terdapat 273 rumah yang terendam akibat luapan dua aliran sungai tersebut.

” Ada 4 kampung yang terendam banjir yakni Kampung Cidadap, Jamlaung, Bongkok, Dan Kampug Lembur Lojor,” kata Mumuh ketika dihubungi Redaksi24.com melalui telepon selulernya.

Dikatakannya, Banjir juga mengakibatkan ratusan hektar sawah yang sedang memasuki masa panen dan jalan poros desa yang menghubungkan tiga desa dan dua kecamatan terendam.

” Jumlah kerugian belum dapat kita prediksi, yang pasti ini akan menyebabkan ratusan hektar sawah gagal panen,” tandasnya.

Ia mengatakan, saat ini sebagian korban banjir yang rumahnya terendam sudah mengungsi kerumah sanak saudaranya. Pihak pemerintahan Desa juga sudah melaporkan banjir tersebut ke pihak BPBD Lebak.

” Bahkan sejak malam pihak Desa, Kecamatan dan Babinkamtibmas bersama masyarkat ikut membantu mengevakuasi masyrakat yang terkena banjir, ” katanya.

Muslim, salah seorang warga Cidadap mengatakan, bajir akibat hujan deras dam meluapnya Sunga Cibeurem dan Sungai Jamlaung terjadi pada pukul 23.00 Wib. Akibatnya air bah tersebut merendam dan masuk hingga ke dalam rumah.

” Alhamdulillah air sudah mulai surut, tapi sementara saya sama keluarga mengungsi ke rumah saudara, karena khawatir adanya banjir susulan,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.