Stok Beras di Lebak Hingga Akhir Tahun 2020 Dinyatakan Aman

  • Whatsapp
Sekertaris Disperindag Kabupaten Lebak, Orok Sukmana.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Kebutuhan stok beras untuk masyarakat yang tersebar di 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak dinyatakan aman selama masa pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Orok Sukmana.

” Alhamdulillah stock beras selama pandemi Covid-19 aman hingga akhir tahun 2020,” kata Orok kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, pihaknya memiliki ketersediaan beras sendiri hingga mencapai 17.338 ton. Ketersediaan tersebut mengalami surplus atau kelebihan, dibandingkan dengan konsumsi perhari warga Lebak yang hanya 14.720 ton pertahunnya.

Karena kondisi surplus tersebut, Orok memastikan dimasa pandemi Covid-19, harga beras di pasaran tidak akan mengalami kenaikkan, bahkan terdapat potensi turun harga.

” Masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan, dan kenaikan harga beras. Kami jamin tidak ada kenaikan harga, bahkan cenderung turun karena saat ini kita sedang panen,” kata Orok.

Dikatakannya, menjelang memasuki bulan Ramadhan, terdapat beberapa komoditas kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, namun masih dibawah 5 persen, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya loncakan harga menjelang bulan suci tersebut.

Pihaknyapun kata dia, akan terus berupaya mencegah adanya kenikan pada bahan pokok yang berada di pasaran, khususnya pada kebutuhan pokok gula dan Gas yang sebelumnya mengalami kenaikan harga.

“Kami akan terus berupaya melakukan stabilisasi harga, walaupun tidak bisa menurunkan secara drastis, minimal dapat mencegah adanya lonjakan harga. Kami juga dalam jangka waktu dekat akan menggelar operasi pasar namun dalam skala kecil disetiap daerah di Kabupaten Lebak,” tandasnya.

BACA JUGA:

Pajak Retribusi Pasar Tahun 2019 Tidak Penuhi Target, Tahun Ini Disperindag Lebak Janji Memenuhinya

Hindari Pengurangan Takaran BBM di SPBU Lebak, Disperindag Gelar Uji Tera

Sementara itu, Kepala Cabang (Kacab) Bulog  Lebak-Pandeglang, Meita Novariani juga menjamin kebutuhan stok beras untuk wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang aman selama masa Pandemi Covid-19.

” Di gudang kita memiliki 3.000 ton beras, sehingga akan cukup untuk kebutuhan masyarakat di Lebak dan Pandeglang selama masa pandemi ini,” katanya.

Ia mengatakan, memasuki bulan suci Ramadhan, pihaknya akan gencar melakukan operasi pasar di ruang lingkup masyarakat, guna memastikan kebutuhan pokok masyarakat aman, dan tidak adanya lonjakan harga.

” Kemarin kita telah melakukan operasi pasar pada 300 rumah pangan kita (RPK) yang tersebar di Kabupaten Lebak, dan Insyaallah dalam jangka waktu dekat kami akan melakukan hal serupa. Kami juga telah mengajukan permohonan sebanyak 1.000 ton gula, untuk kebutuhan masyarakat Lebak dan Pandeglang,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.