SPBU Mobil Masih Beroperasi, DPRD Sebut Satpol PP Pandeglang Mandul

  • Whatsapp
SPBU Mobil
Komisi I DPRD Pandeglang, mengelar sidak ke setiap SPBU Mobil di Pandeglang.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Komisi I DPRD Pandeglang, menilai Satpol PP tidak punya nyali untuk menindak SPBU mini milik PT Indo Mobile yang masih beroperasi. Padahal SPBU mini dengan nama Mobil tersebut, masih mengantongi izinnya dari Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pandeglang.

Pada Kamis (30/7/2020) lalu, jajaran Komisi I DPRD Pandeglang, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa stasiun SPBU mini yang berada di sejumlah kecamatan di Pandeglang, mulai dari SPBU mini Kananga, Kecamatan Menes, Cikedal dan beberapa SPBU Mobil lainnya.

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi I DPRD Pandeglang, Miftahul Farid Sukur mengatakan, dalam Sidak tersebut pihaknya menemukan banyak SPBU mini milik PT Indo Mobile yang masih beroperasi. Sebelumnya, kata dia, SPBU mini tersebut sempat ditutup Satpol PP Pandeglang.

“Tapi beberapa hari kemudian SPBU mini itu beroperasi lagi. Satpol PP tidak melakukan tindakan lagi terhadap pengelola SPBU mini yang membandel itu,” ungkap Farid melalui sambungan telpon, Sabtu (1/8/2020).

BACA JUGA: SPBU Mobil Buka Lagi, Satpol PP Pandeglang ‘Tak Berdaya’

Dengan telah beroperasinya lagi SPBU mini tersebut,  menurutn Farid, PT Indo Mobile tidak mengindahkan aturan yang ditetapkan Pemkab Pandeglang. Bahkan pengelola tidak mengindahkan surat teguran dari Pemkab  Pandeglang. Anehnya, kata Farid, Satpol PP terkesan diam dalam menyikapi pelanggaran tersebut.

“Harusnya Pol PP melakukan tindakan lagi, jangan membiarkan pengusaha nakal yang tidak mematuhi aturan. Tapi nyatanya sekarang masih saja tetap beroperasi, saya katakan Pol PP itu mandul, karena tidak berani menutup lagi SPBU mini itu,” katanya.

Menurut Farid, mestinya Pol PP tidak mesti didorong-dorong DPRD untuk menutup SPBU mini yang tidak berizin tersebut. Karena yang punya kewenangan untuk melakukan penertiban itu adalah Satpol PP sebagai penegak Perda.

“Saya tegaskan Satpol PP harus segera menutup lagi SPBU mini yang tidak berizin itu. Tidak boleh beroperasi sebelum pengusahanya menempuh prizinan yang benar,” tgeasnya.

Sementara, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Pandeglang, Juhanas Waluyo mengaku, pihaknya akan mengkoordinasikan hal tersebut dengan pihak DPMPTSP Pandeglang.

“Nanti saya akan koordinasikan dulu dengan DPMPTSP,” singkat Juhanas.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.