Sosialisasi 4 Pilar MPR, Pemuda Tangerang Diingatkan Pentingnya Pancasila

oleh -
Anggota MPR Anantaa Wahana

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Anggota MPR RI Ananta Wahana kembali menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis,Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua,  Kabupaten Tangerang, Sabtu,(13/3/2021). Dalam acara ini yang menghadirkan 3 pembicara ini yakni, tokoh aktivis 98, Sunggul Sirait Mantan Sekjen DPP GMNI Clance Teddy  serta perwakilan pemuda Abraham Garuda Laksono untuk berbicara terkait 4 pilar MPR kepada sejumlah pemuda di Kabupaten Tangerang. 

Dalam acara tersebut Sunggul menjelaskan bahwa lamanya Indonesia dijajah oleh bangsa akibat terlalu mudahnya masyarakat dipecah belah. Untuk itu menurut Sunggul sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk pemuda untuk bisa memaknai dan mengamalkan Pancasila yang telah dibuat oleh para founding father bangsa kita.

“Jika masyarakat Indonesia sudah tidak peduli lagi terhadap Pancasila maka tentunya akan menjadi kerawanan bagi berdirinya bangsa ini karena akan kembali mudah terpecah belah,” jelas Sunggul.

Namun dalam kesempatan itu juga tunggul menjelaskan jika untuk menjadi Indonesia tersebut kita tidak perlu menghilangkan adat istiadat kita, etnis atau perbedaaan lainnya. tetapi justru perbedaan tersebut akan memperkaya Indonesia sebagai sebuah bangsa.

“Tak perlu menghilangkan kesundaan, kebatakan, kejawaan kita atau lainnya untuk menjadi Indonesia. Perbedaan suku, ras dan gam justru harus memperkaya kita sebagai bangsa besar,” tegasnya.

Anggota MPR Ananta Wahana

Pembicara kedua Clance Teddy mengingatkan jika saat ini penjajah yang ada di zaman ini bukan lagi berupa penguasaan wilayah atau fisik, penjajahan saat ini menurut mantan Sekjen DPP GMNI ini adalah bangsa lain mencoba melakukan penjajahan ekonomi teknologi.Untuk itu menurut Teddy sudah saatnya seluruh komponen bangsa bergerak untuk melawan kemiskinan dan kebodohan. 

“Dengan jumlah penduduk yang besar jangan mau kita hanya dijadikan pangsa pasar semata, kita harus pintar dan menguasai teknologi sehingga mampu bersaing di era disrupsi seperti sekarang ini,’ ujar Clance.  

BACA JUGA: Anggota DPR RI Ananta Wahana : BUMN Harus Jadi Alat Untuk Mensejahterakan Rakyat Dalam Mengatasi Dampak Pandemi 

Abraham Garuda Laksono yang menjadi pembicara ketiga mengatakan jika Pancasila harus dijadikan pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara oleh seluruh warga. Jika nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila telah terkandung dalam diri maka tidak akan ada lagi praktik-praktik korupsi di Indonesia yang hanya  

“Sebenarnya di Indonesia telah banyak orang pintar yang telah menempuh pendidikan tinggi baik di universitas nasional hingga universitas terkenal di luar negeri. Hanya saja sayang, ilmu yang dimilikinya seringkali hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadinya semata,” ujar pemuda yang akrab disapa Abe ini.

Sementara itu 

Sementara itu Ananta Wahana mengatakan kegiatan sosialisasi 4 Pilar MPR ini akan terus dilakukan agar masyarakat semakin paham dan mengerti sehingga mau mengamalkannya sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

Menurut politisi PDIP ini, walau secara konstitusional bisa disebut 4 Pilar MPR ini sudah lengkap dan selesai, namun secara praktik dan pengamalannya di masyarakat masih perlu terus disosialisasikan.

“Kami di MPR akan terus mengingatkan dan mensosialisasikan 4 Pilar MPR ini agar masyarakat semakin paham dan mengerti sehingga mau mengamalkannya sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.(Hendra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.