Sopir Angkutan Umum Terdampak Covid-19 Dapat Insentif Rp600 Ribu Per Bulan

  • Whatsapp
insentif sopir
Polres Cilegon melaunching Program Keselamatan Tahun 2020 bagi warga yang terdampak Covid-19.

CILEGON, REDAKSI24.COM –Polres Kota Cilegon bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kota Cilegon serta perwakilan pengemudi angkutan umum melakukan Launching Program Keselamatan di Mapolres Kota Cilegon, Rabu (15/4/2020).

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, saat ini bangsa Indonesia tengah dihadapkan pada tantangan besar, dengan merebaknya wabah Covid-19. Pasalnya, wabah tersebut berdampak terhadap seluruh sendi kehidupan masyarakat di Kota Cilegon.

Bacaan Lainnya

Khususnya pada sektor ekonomi, menurut dia, terjadi perlambatan pertumbuhan, yang salah satunya ditandai anjloknya aktivitas berbagai moda transportasi. Aktivitas angkutan barang turun hingga 50% dan moda transportasi umum juga merosot hingga 70%.

“Kondisi ini sangat memukul profesi bidang transportasi umum, bahkan untuk pengemudi taksi dan ojek, pendapatan mereka merosot hingga 80%,” kata Yudhis kepada wartawan, Rabu (15/4/2020).

Menurutnya, kondisi inilah yang mendorong lahirnya kebijakan Presiden RI, untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19, khususnya bagi kalangan pengemudi transportasi umum.

“Maka hari ini Polri bekerja sama dengan BRI melaunching Program Keselamatan secara serentak se-tanah air,” jelasnya.

Lanjut Yudhis, Program Keselamatan bukan hanya berfokus pada pemberian bantuan sosial, namun juga disisipi dengan kegiatan edukasi pencegahan Covid-19 dan pelatihan keselamatan berkendara.

Program Keselamatan, lanjut Yudhis, akan berlangsung mulai Rabu (15/4/2020) sampai Juli 2020 mendatang. “Program ini menyasar pada mereka yang berprofesi sebagai pengemudi bus dan truk, pengemudi taksi, kernet, pengemudi ojek online dan pangkalan, penarik becak, maupun kusir delman,” paparnya.

BACA JUGA:

. Sadarkan Warga Bahaya Covid-19, Kejari Kota Cilegon Bagikan Masker Gratis

. Polsek Cilegon Tetapkan 4 Kampung Siaga Covid-19

. PT MCCI Bantu APD dan Vitamin Bagi Tim Medis Kota Cilegon

Ia juga mengatakan, pada program tersebut setiap peserta yang terdaftar akan diberikan 1 unit Kartu Debit BRI sebagai media penerimaan dana bantuan sosial sebesar Rp600.000 per bulan. Selain itu, sebelum menerima bantuan tersebut, para peserta wajib mengikuti kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 pada bulan pertama, dan pelatihan safety driving pada bulan kedua dan ketiga.

“Saya juga berpesan kepada rekan-rekan pengemudi, agar dapat mengikuti program dengan baik dan menjadikan program ini sebagai momentum untuk meningkatkan pemahaman terkait pencegahan Covid-19 dan keselamatan berkendara, sekaligus untuk meningkatkan taraf hidup para peserta program,” harapnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.