Soal Pelaksanaan PPDB, Kadindikbud Tangsel Pastikan Tidak Ada Siswa Titipan

  • Whatsapp
PPDB Online Tangsel
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel,Taryono saat memberikan keterangan pers.

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan dimulai 8 Juni 2020 mendatang. Proses tersebut, diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan jujur, tanpa ada campur tangan hubungan kedekatan antara pihak sekolah dengan pihak lain, terutama anggota dewan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono. Menurutnya, pihaknya bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tangsel sudah berkomitmen menyukseskan pelaksanaan PPDB 2020.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah sosialisasikan dan sudah ketemu dengan DPRD Tangsel untuk sama-sama menyepakati PPDB tahun ini. Tidak ada titip-titipan,” ungkapnya kepada Redaksi24.com melalui telepon seluler, Senin (1/6/2020).

Selain kepada para anggota DPRD, Taryono mengaku, juga sudah menghimbau dan meminta para kepala sekolah agar berkomitmen menyukseskan PPDB tanpa ada kecurangan dan titip-titipan. “Kita berupaya maksimal, bersama-sama menyukseskan PPDB ini untuk kepentingan semua,” katanya.

Taryono menerangkan, PPDB semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan secara jarak jauh melalui dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

“Untuk TK dan SD tidak sepenuhnya melalui daring, tapi bisa melalui media sosial seperti WhatsApp karena lingkupnya dekat. Sementara untuk SMP melalui daring dan tidak ada tes sama sekali sesuai Permendikbud nomor 44 tahun 2019 tentang PPDB,” terangnya.

BACA JUGA: Cegah Covid-19 Pemkot Tangsel Perpanjang Libur Sekolah

Untuk jadwal PPDB, lanjut Taryono, dilaksanakan secara bertahap. Yakni, untuk tingkat TK Pembina dilaksanakan pada 8-13 Juni, SD Negeri 8-20 Juni, dan SMP Negeri 16 Juni – 2 Juli.

“PPDB tingkat SMP dilaksanakan dengan empat jalur yakni, jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan pendaftaranya mulai 16-20 Juni 2020. Sedangkan jalur prestasi akademik nilai rapor dan lomba pendaftaran dimulai 30 Juni – 2 Juli 2020,” tutur Taryono.

BACA JUGA: ASN Pemkot Tangsel Dipastikan Mulai Bekerja Normal 15 Juni 2020

Sedangkan untuk pengumpulan berkas pendaftaran, dilakukan dengan jarak jauh menggunakan jasa ojek online. “Untuk tingkat TK-SD berkas-berkas dapat dikirim melalui WhatsApp. Sedangkan untuk berkas pendaftaran SMP bisa diantarkan melalui jasa pengantar berkas seperti ojek online atau lainnya,” pungkas Taryono. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.