Soal Kali Peninggilan Berbusa, Camat Ciledug Salahkan Warga

  • Whatsapp
Camat Ciledug, Kota Tangerang, Syafrudin mengecek kondisi air Kali Peninggilan.

REDAKSI24.COM – Camat Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Syarifudin langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kali Paninggilan, yang kondisi airnya berbau dan mengeluarkan busa seperti salju. Sidak untuk mengecek konisi air kali yang dikhawatirkan warga tercemar bahan berbahaya dan beracun (B3).

“Ini akibat aktivitas dari warga sendiri yang telah membuang sampah ke kali (sungai, red),” kata Syarifudin, kepada Redaksi24.com disela meninjau langsung Kali Paninggilan, Selasa (20/8/2019).

Bacaan Lainnya

Syarifudin menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, tingkat keasaman dari busa di Kali Paninggilan masih dalam tingkat normal dengan angka 7 pH.

BACA JUGA:

. Warga Resah, Kali Paninggilan Ciledug Kota Tangerang Berbusa

. Sungai Cisuuk Pandeglang Penuh Sampah, Camat Menes Minta Bantuan Alat Berat

. Mapala Kibarkan Merah Putih Raksaksa di Sungai Ciujung yang Tercemar Limbah

“Untuk parameter pH masih memenuhi baku mutu. Namun, untuk mengetahui lebih lanjut harus dilakukan pengujian lab yang lebih terakreditasi lagi. Tapi itu DLH yang akan memeriksa,” katanya.

Dia juga mengimbau warga di sekitar bantaran Kali Paninggilan agar bisa menjaga kebersihan lingkungannya. Salah satunya dengan tidak membuang sampah ke kali.

“Karena kali itu adalah sumber kehidupan, khususnya bagi warga di sekitar kali. Jangan jadikan kali itu tempat pembuangan sampah yang merusak lingkungan, kalau air tercemar pasti ada penyakit,” jelas Syarifudin.(Agus/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.