Soal Dana Desa, Kades Ujungjaya Pandeglang Akui Diperiksa Polisi

oleh -
Dana Desa Pandeglang
Ilustrasi Dana Desa

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Kepala Desa (Kades) Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Sardan menilai wajar ada pihak yang menuding adanya monopoli dalam penggunaan Dana Desa (DD) TA 2019. Bahkan Sardan menyebut hak setiap warga Negara untuk menempuh jalur hukum.

Sebelumnya, Kades Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Sardan dilaporkan Forum Pemuda Peduli Desa (FPPD) ke Polres Pandeglang. Sardan diduga melakukan penyimpangan dan monopoli pengelolaan DD 2019.

Namun begitu, Sardan menegaskan, semua tudingan FPPD yang sudah masuk ranah hukum itu, seluruhnya tidak benar. “Semua orang punya hak untuk menyampaikan pendapat atau mengkritik. Namun yang jelas tuduhan itu tidak benar,” ungkap Sardan kepada wartawan, Rabu (6/5/2020).

Sardan juga mengakui sudah dimintai keterangan oleh penyidik Polres Pandeglang menyusul laporan FPPD tersebut. “Saya jelaskan apa adanya, saya siap koorperatif dalam menghadapi laporan itu,” katanya.

Sardan juga mengakui jika tudingan monopoli pengelolaan dana desa itu sedang ditangani Inspektorat Kabupaten Pandeglang. Bahkan dia mengaku saat ini sedang menunggu hasil dari pemeriksaan inspektorat.

Saat ditanya apakah akan melaporkan balik pihak yang menudingnya telah memonopoli dana desa, Sardan mengaku belum berencana untuk menempuh jalur hukum. “Saya tidak akan menuntut balik, karena saya anggap itu hal yang wajar. Lebih baik jika ada persoalan itu dimusyawarahkan bersama,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan mengaku sudah mengetahui adanya Kades yang dilaporkan kepada Polres Pandeglang.

Doni mengaku sejauh ini pihaknya belum bisa melakukan tindakan apapun, karena masih menunggu hasil kajian dari inspektorat. “Kami lihat dulu rekomendasi dari inspektorat seperti apa. Jika ada kerugian Negara yang perlu dikembalikan Kades, ya harus dikembalikan,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.