SK Gubernur Banten Belum Terbit, 50 Caleg Terpilih DPRD Lebak Batal Dilantik

  • Whatsapp
gedung DPRD Lebak, Banten.

REDAKSI24.COM – Pelantikan sebanyak 50 Calon Legislatif (Caleg) terpilih DPRD Kabupaten Lebak, Banten, yang seharusnya digelar Senin (19/8/2019) kemarin, batal dilaksanakan. Pelantikan Caleg terpilih belum bisa ditentukan lantaran masih menunggu terbitnya Surat Keterangan (SK) Gubernur Banten.

Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Lebak, Mahfud Basyir membenarkan, pelantikan Caleg terpilih diundur dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. Padahal, ke 50 calon anggota legislatif tersebut telah mengikuti gladiresik dan mengambil seragam/jas pelantikan masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Kami tidak tahu persis kenapa SK Guberner Banten belum terbit sampai hari ini,” kata Mahfud Basyir, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (20/8/219).

BACA JUGA:

. Serahkan Berkas Caleg Terpilih, Tugas KPU Lebak Selesai

. Alhamdulillah, Lebak Keluar dari Status Daerah Tertinggal

. KPU Lebak Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pada Pileg 2019

Sementara itu, Asda 1 Setda Lebak, Alkadri menyatakan, pelantikan Caleg terpilih periode 2019-2024 memang ada penundaan waktu. Hal tersebut diakibatkan lantaran SK Gubernur Banten yang tak kunjung terbit.

“Berdasarkan hasil musyawarah semua pihak, kami berharap pelantikan digelar tanggal 26 Agustus 2019,” ungkapnya.

Kata dia, selama belum adanya pelantikan Caleg terpilih, anggota DPRD Kabupaten Lebak terdahulu masih menjabat sampai anggota DPRD dilantik. Namun mereka tidak mendapat honor. Karena, anggaran untuk gaji dan honor DPRD yang lama sudah habis.

“Karena anggaran untuk penggajiannya kan sudah habis, namun dalam UU disebutkan mereka masih bertugas sampai anggota DPRD yang baru dilantik,” ujarnya.

Abdul Rohman, seorang Caleg terpilih DPRD Lebak periode 2019-2024 menyayangkan pembatalan pelantikan yang sebelumnya dijadwalkan pada 19 Agustus 2019. “Ya, kami menyayangkan pelantikan diundur dari jadwal yang seharusnya. Karena kan para aleg terdahulu SK nya sudah habis hingga 18 Agustus 2019,” kata pria yang akrab disapa Komeng itu.

Komeng mengaku belum mendapatkan informasi lanjutan terkait jadwal pelantikan. Karena, kata dia, walaupun Pemkab dan Sekretariat DPRD Lebak sudah menyiapkan prosesi pelantikan, namun tidak bisa digelar lantaran SK Gubernur Banten belum terbit.

“Kami hanya bisa menunggu, karena dalam hal ini yang berperan pemerintah,” tegas Komeng. (Yusuf/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.