Sirup Aren Lebak Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

oleh -
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mempromosikan produk unggulan UMKM Lebak.

REDAKSI24.COM—Melalui tagline ‘Bela Beli Produk Lebak’, serta visi pemerintah daerah menjadikan Lebak sebagai wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal, Pemkab Lebak terus mendorong pemberdayaan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai salah satu alat pendorong dalam pengoptimalan sektor wisata.

Sirup aren produk asli lebak dari Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) sebagai salah satu produk unggulan hasil olahan dari bahan dasar aren ini, mendapatkan pengakuan dan apresiasi dengan masuk dalam tahap kedua seleksi program Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019 di Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, dengan kategori minuman terpopuler dari Kabupaten Lebak.

BACA JUGA :

BI Lirik Potensi UMKM dan Pariwisata Banten

Lebak Jadi Lokus Diklatpim Kementerian PUPR

Koperasi Harus Siap Hadapi Teknologi Revolusi 4.0

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat mengkampanyekan salah satu produk unggulan UMKM Lebak bersama Leekraf mengatakan, bahwa pemerintah daerah terus berupaya mengangkat serta mempromosikan produk UMKM melalui gerai-gerai di mini market. Selain itu, katanya, pemerintah juga membangun gerai pusat UMKM atau Plaza UMKM yang menjadi sentra oleh-oleh khas Kabupaten Lebak. Upaya itu, katanya, merupakan wujud dari keseriusan pemerintah setempat dalam mendukung dan mendorong pemasaran produk UMKM Lebak agar mampu bersaing dengan produk-produk luar daerah.

“Dengan masuknya produk sirup aren ke tahap kedua program API, merupakan bukti bahwa produk UMKM Lebak lebih baik daripada produk luar daerah,”kata dia.

Semoga, tambahnya, realita itu menjadikan semangat bagi UMKM Lebak agar terus berinovasi meningkatkan produk sirup arennya yang lebih baik dan diakui oleh masyarakat luas, baik dalam maupun luar daerah.

Sementara itu Ketua Leekraf, Andi yang juga pelaku UMKM dari produk sirup aren mengatakan, dengan peran serta pemerintah yang mempromosikan produk UMKM Lebak lewat program API, diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat Lebak. Sehinga dengan pemberian Votenya pada program tersebut, sirup aren Lebak keluar sebagai juara minuman terpopuler di tingkat nasional.

Adapun peserta dalam program Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019 itu, diikuti oleh 34 Provinsi dan 143 Kabupaten/Kota. Sedangkan pemberian vote dari masyarakat, di mulai 1 Juni – 31 Oktober 2019. Sementara pengumuman juara dilakukan pada Malam Anugerah yang rencananya dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan November 2019. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.