Sirine Tsunami di Perairan Pandeglang dan Serang Rutin Diuji Coba

  • Whatsapp
sirine tsunami, perairan pandeglang, perairan serang, anyer, BPBD Banten,
Petugas BPBD memeriksa alat pendeteksi tsunami yang terpasang di laut.

SERANG, REDAKSI24.COM – Sirine tsunami milik BMKG yang dipasang di Perairan Panimbang, Labuan, Kabupaten Pandeglang dan Anyer, Kabupaten Serang terus diuji coba BPBD Provinsi Banten.

“Tombol sirinenya ada di Pusdalops BPBD Banten,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana kepada Redaksi24.Com, Rabu (22/12/2020).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Nana, uji coba sirine dilakukan satu bulan sekali setiap tanggal 26 bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan. Suara sirine terdengar dengan jarak bisa mencapai 2 KM.

“Untuk  bulan ini diuji coba pada tanggal 22 kemarin (Desember) bertepatan dengan tsunami 2 tahun lalu,” jelas Nana.

BACA JUGA: Komisi Informasi Sebut Masih Ada Badan Publik di Banten Enggan Terbuka

Sementara itu, Pegiat Pattiro Serang, Aliyudin mengatakan, kejadian tsunami 2018 lalu masih menyisakan trauma di tengah masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan pesisir.

“Saya sedang melakukan pendampingan warga terdampak tsunami di dua desa Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, masih ditemukan warga yang trauma akan tsunami,” katanya.

Dengan demikian, menurutnya, keberadaan sirine tsunami sangat penting. Namun, harus teredukasi dengan baik ke masyarakat.

“Agar warga thau ada sirne peringatan stunami. Ini akan membantu tingkat kewaspadaan warga. Khususnya yang tingal dekat pantai,” katanya.(Irfan/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.