Sinergitas Tim Gugus Tugas Dalam Pencegahan Covid-19

  • Whatsapp
Tim Gugus Tugas Provinsi Banten lakukan penyemprotan disinfektan.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten sudah melakukan penyemprotan disinfektan di 1.236 titik. Adapun lokasi yang disemprot itu adalah tempat ibadah, sekolah, pesantren dan fasilitas umum seperti terminal.

Ketua tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten, Wahidin Halim (WH) mengatakan, penyemprotan itu masih akan terus dilakukan di sejumlah titik lainnya.
“Kita upayakan seluruh titik di Provinsi Banten ini dilakukan penyemprotan disinfektan, supaya masyarakat merasa aman dari ancaman virus corona,” ujar Gubernur Banten Wahidin Halim (WH), Rabu (22/4/2020).

Bacaan Lainnya

WH melanjutkan, penyemprotan di sejumlah fasilitas umum dilakukan, karena tempat itu sering dikunjungi masyarakat. Selain itu tambahya, peralatan lainya seperti hand sanitezer juga harus sediakan di sejumlah titik. “Saya harap masyarakat Banten juga menaati imbauan pemerintah dalam pencegahan Covid-19 ini,” katanya.

Berdasarkan data terkini, tim Gugus Tugas Covid-19 sudah melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak 1.236 titik yang tersebar di delapan Kabupsten/Kota, dengan rincian Kota Cilegon 101 titik, Kota Serang 231 titik, Kota Tangerang 121 titik Kota Tangsel 106 titik, Kabupaten Tangerang 150 titik, Kabupaten Serang 237 titik, Kabupaten Pandeglang 184 titik dan Kabupaten Lebak 108 titik.

Dari total itu, sasaran penyempotan di Pesantren sebanyak 156 titik, sarana peribadatan 786 titik, sekolah 121 titik dan fasilitas umum 173 titik.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana mengatakan, BPBD Pemprov Banten melaksanakan fungsi koordinasi, komando dan pelaksanaan. Fungsi koordinasi dilaksanakan dengan Pemerintah Pusat, Kabupaten/Kota dan instansi terkait.

BACA JUGA:

Upaya Pencegahan Covid-19, Gubernur Banten Intruksikan Penyemprotan Disinfektan

Namun berdasarkan informasi dari Dishub Provinsi, katanya, penyemprotan di terminal pakupatan beberapa hari yang lalu, dilakukan oleh pengelola terminal tipe A, karena kewenangan pengelolaannya oleh Pusat.

“Karena terminal Pakupatan ini tipe A, yang pengelolaannya ada di pemerintah pusat dalam hal ini Kemenhub, maka kami lakukan kordinasi,” ujarnya.

Selain melakukan upaya pencegahan, lanjut Nana, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan edukasi akan pentingnya pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat Banten.

“Di lokasi cek point misalnya. BPBD Banten berbagi tugas dengan OPD terkait. BPBD di pencegahan, juga melaksanakan pembagian masker dan hand sanitizer gratis. Karena fokus kita di BPBD preventif, kegiatan yang bersifat pencegahan,” ungkapnya. (Luthfi/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.