Sindikat Penyelundup 159 Kg Ganja asal Aceh Digulung Petugas Polda Banten

  • Whatsapp
polda banten
Petugas Polda Banten membongakr jaringan penyelundup ganja asal Aceh.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Petugas Polda Banten membongkar jaringan penyelundupan narkoba jenis ganja seberat 159 kilogram. Dari pengungkapan itu, petugas mengamankan sembilan tersangka sindikat ganja asal Aceh tersebut.

Mereka yang digulung diantaranya, SP (33), RN (31), MN (43), HN (39) dan FR (39), kelimanya warga Aceh. Sedangkan tersangka BY (35) dan YN (30) warga Jakarta serta AS (37) dan MR (31) tercatat sebagai warga Bogor, Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar kepada wartawan di Mapolda Banten, Kamis (30/7/2020) mengatakan, jaringan atau sindikat ganja asal Aceh ini menjalankan aksinya di wilayah yang berbeda, diantaranya Serang, Jakarta dan Bogor serta daerah lainnya.

“Para tersangka memiliki peran yang berbeda dalam setiap kali melakukan aksi penyelundupan daun ganja asal Aceh ini,” kata Kapolda.

BACA JUGA: BNN Banten Bakar 298 Kilogram Ganja dan 989.7 Gram Sabu

Pengungkapan jaringan ganja asal Aceh itu, lanjut Fiandar, bermula dari penggeledahan yang dilakukan petugas terhadap salah satu kendaraan di Rest Area Bogeg Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang pada Kamis 23 Juli 2020 lalu.

“Dari penggeledahan itu kami mendapati sebanyak 159 Kg narkotika jenis ganja asal Aceh yang disembunyikan dalam peti dan empat buah panel telekomunikasi,” imbuh Irjen Pol Fiandar.

Direktur Reserse Narkoba Polda Banten, Kobespol Susatyo Purnomo Condro menambahkan, penangkapan itu berawal dari adanya informasi pengiriman paket ganja asal Aceh menuju Jakarta.

Kemudian, kata dia, pihaknya membentuk tim melakukan pemantauan selama hampir 3 bulan. Tim melakukan pengintaian dari Aceh sampai ke tempat tujuan pengiriman ganja di Jakarta dan Bogor.

“Kami melakukan kontrol pengiriman barang dari Aceh, kemudian terpantau sampai Lampung untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak menggunakan Ferry,” ungkapnya.

Susatyo melanjutkan, petugas menguntit kendaraan pengangkut ganja sampai kepenerimanya di kawasan Cideng Jakarta Pusat. Sebagian paket ganja tersebut juga dikirim ke Bogor, Jawa Barat.

“Dari situ kami lakukan penangkapan terhadap para tersangka secara berturut-turut di tiga lokasi berbeda, yaitu Jakarta Pusat, Bogor Jawa Barat dan Serang Banten,” ujarnya.

Adapun barang bukti yang diamankan terdiri dari, satu unit mobil HINO warna merah bernomor polisi BA 9356 LO, satu buah peti kayu warna merah berisi 99 kilogram ganja dan empat buah panel fiber masing-masing berisi 15 kilogram ganja.

Selain itu, pihaknya juga menyita dokumen pengiriman dan penerima paket, satu buah handphone, kartu ATM, satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter MX, satu unit sepeda motor Honda Beat dan empat mobil Toyota Avanza.

“Para tersangka bakal dijerat Pasal 114 ayat (2), Pasal 111 ayat (2), Pasal 132 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.