Siapapun Yang Selewengkan Dana Penanganan Covid-19, Bisa Dijerat Hukuman Mati

  • Whatsapp
Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, Bahrudin.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM –– Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang membentuk tim khusus (timsus) pengawasan penggunaan anggaran penanganan wabah Covid-19, khususnya untuk wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang Bahrudin, Kamis (2/4/2020) mengatakan, sesuai dengan instruksi Jaksa Agung dan berdasarkan Surat Menteri Keuangan Tahun 2020 serta Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri, menginstruksikan kepada seluruh kementerian atau lembaga pemerintah daerah untuk memfokuskan penggunaan anggaran dan penanggulangan pencegahan bahaya Covid-19.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, sambung dia, Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang telah membentuk tim baik dari Pidsus maupun Intelijen untuk mengawasi pemanfaatan dana Covid-19 tersebut.

“Sampai saat ini informasi yang kami terima anggaran di Kabupaten Tangerang itu sekitar 50 miliyar untuk penanggulangan bahaya Covid-19,” kata Bahrudin

Bahrudin menjelaskan, pegawasan oleh Timsus Kejaksaan ini dilakukan dalam bentuk pendampingan. Dalam hal ini pemerintah daerah Kabupaten Tangerang bisa meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang prihal penggunaan anggarannya.

BACA JUGA:

Para Wajib Pajak Restoran Yang Nakal, Diserahkan Ke Kejari Kabupaten Tangerang

Aparat Berwenang Diminta Usut Ambruknya SDN Malang Nengah II Kabupaten Tangerang

Bahrudin juga menegaskan pihaknya tidak akan segan menindak siapa aja yang berani menyelewengkan dana bencana kemanusiaan tersebut. Kata dia, jika ada oknum yang melakukan penyimpangan dana Covid-19 bakal dikenakan Pasal 2 ayat 3 UU No 31 Tahun 1999 yang telah dirubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan sanksi pidana ancaman hukuman mati.

“Karena kondisi negara saat ini dalam bencana nasional siapa saja yang berani selewengkan dana penanganan Covid-19 bisa dikenakan sanksi hukuman mati,” tandasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.