Siap-Siap, Ini Wisata di Lebak yang Asyik Dikunjungi Saat New Normal

  • Whatsapp
destinasi wisata di Lebak
Negeri di Atas Awan Citorek, Lebak.

LEBAK,  REDAKSI24.COM – Kabupaten Lebak terletak pada bagian selatan Provinsi Banten, daerah yang terdiri dari 28 kecamatan ini memiliki topografi berupa pantai, dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian antara 0-1.929 meter di atas permukaan air laut. Kondisi tersebut menjadikan Lebak sebagai daerah kaya sumber daya alam khususnya potensi pariwisata.

Terdapat ratusan  destinasi wisata baik alam, sejarah maupun keagamaan di Kabupaten  Lebak. Pemkab Lebak memiliki jargon Six Fantastic dalam menjagokan destinasi wisata di Lebak. Sesuai namanya, Six Fantastic  tersebut  terdiri dari 6 destinasi wisata unggulan yang terdiri dari wisata Suku Adat Baduy,  kawasan wisata wewengkong Citorek, Kabun Teh Cikuya,  Pantai Sawarna, Pantai Bagedur, dan Museum Multatuli.

Bacaan Lainnya

Namun,  ratusan destinasi  wisata tersebut sampai saat ini masih tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan mengingat Pandemi Covid-19 yang belum menunjukan tanda-tanda  akan berakhir.

Tapi jangan sedih, destinasi  wisata akan dibuka  setelah  penerapan new normal dengan memperhatikan protokol kesehatan yang dilakukan di seluruh destinasi  wisata Lebak. Dinas Pariwisata  (Dispar)  Lebak saat ini tengah menyusun skenario  pembukaan  wisata di Lebak selama masa new normal.

Redaksi24.com telah merangkum beberapa destinasi wisata selain Six Fantastic yang menjadi rekomendasi  dikunjungi  saat pemberlakukan New Normal nanti. Objek-objek wisata Lebak yang asyik untuk dikunjungi pada masa new normal nanti diantaranya;

Negeri di Atas Awan, Citorek

Negeri di atas awan itulah julukan yang diberikan para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Luhur di dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.037 MDPL. Gunung Luhur yang terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten menawarkan suguhan panorama alam yang indah.

Di Gunung Luhur, para wisatawan disajikan dengan hempasan lautan awan yang menutupi perkampungan di bawahnya. Tidak hanya itu, para wisatawan akan dibuat takjub akan momen sang fajar atau matahari terbit yang sering disebut sebagai sunrise. Waktu yang paling pas untuk menikmati panorama itu mulai pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB.

BACA JUGA: Serunya Perjalanan Wisata ke Negeri Di Atas Awan Citorek Lebak

Panorama sunrise, hamparan lautan awan, ditambah kawasan TNGH yang penuh dengan keasrian perhutanan serta hamparan persawahan, menjadikan Gunung Luhur destinasi wisata favorit di Kabupaten Lebak.

Keindahan Gunung Luhur telah terdengar sampai luar Kabupaten Lebak, bahkan Provinsi Banten. Banyak wisatawan yang berasal dari luar Banten yang berkunjung ke Negeri di atas awan, seperti dari Jakarta dan Bogor. Tiket masuk yang murah menjadi nilai Plus bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Gunung Luhur, Lebak, Banten.

Gunung Luhur saat masih tutup  untuk kunjungan umum,  karena Pandemi Covid-19 yang belum menunjukan kapan akan berakhir. Namun, pihak pengelola gunung luhur mengaku  tengah berbenah dan menyiapkan berbagai fasilitas guna mendukung penerapan protokol  kesehatan yang dianjukan ketika dibuka saat new normal nanti.

BACA JUGA: Menikmati Pesona Negeri di Atas Awan, Citorek Lebak

“Kami saat ini sedang berbedah, dan menambah berbagai spot untuk swafoto wisatawan,  tentunya kami juga siap mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol  kesehatan  di area Gunung Luhur jika dibuka lagi, ” kata Kepala Desa Citorek Kidul, Narta ketika dihubungi  Redaksi24.com beberapa waktu lalu.

Curug Ciporolak

Merupakan destinasi wisata air Curug Ciporolak. Curug indah dengan ketinggian sekitar 100 meter ini berada di Lebak Picung, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak Banten. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Teh Hegarmanah. Ketika sampai di lokasi curug ini,  pengunjung akan mendapatkan pemandangan indah di Desa Hegarmanah, berupa pepohonan rindang yang masih asri.

destinasi wisata di Lebak
Curug Ciporolak

Secara asal muasal penamaan Ciporolak mempunyai arti air yang berjatuhan, dari bahasa Sunda. Surga tersembunyi Banten ini mulai ramai dikunjungi. Keindahan dan keasrian alamnya memberikan rasa sejuk yang tidak mudah

BACA JUGA: Curug Bantahan Jadi Destinasi Wisata Dadakan Warga Lebak

dilupakan untuk pengunjungnya. Curug ini mempunyai air pegunungan alami yang jernih dan segar. Pepohonan hijau yang mengelilingi curug ini semakin menambah keasriannya.

Curug Kumpay

destinasi wisata di Lebak
Curug Kumpay

Dengan ketinggian curug yang mencapai 30 meter lebih, Curug Kumpay yang berada di Kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten ini menjadi perimadona bagi para pelancong yang ingin melepas penak di perkotaan. Curug ini menawarkan pesona keindahan alam yang sangat menarik dengan suasana sejuk, dan air yang jernih,  menjadikan curug ini sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi  para pelancong  ketika mengunjungi  Kabupaten  Lebak.

Pantai Gua Langir

Pantai Gua Langir masuk dalam rekomendasi  yang wajib dikunjungi  para traveler ketika new normal nanti.  Pantai Gua Langir yang berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, memadukan wisata pantai dan goa sebagai andalan. Pantai ini memilki hamparan pasir putih yang membentang luas dan juga  gua yang terdapat di belakang pantai menyajikan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang indah.

destinasi wisata di Lebak
Gue Langir

Bentuk stalagmit pada gua tersebut terlihat unik, sekilas mirip stupa yang ada di Candi Borobudur. Tidak jarang wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini pulang dengan wajah yang ceria menyaksikan keindahan stalagmit-stalagmit.

BACA JUGA: Memasuki Transisi New Normal, Destinasi Wisata dan Tempat Hiburan di Lebak Masih Tutup

Pantai ini berjarak 1 km dari Kampung Cikaung, tempat Desa Sawarna yang paling ramai dengan penginapan. Untuk menuju ke sini tidaklah sulit, jalan beraspal yang baik serta didukung informasi yang memadai membuat wisatawan tak akan kesasar saat jalan ke Pantai Gua Langir.

Pantai Karang Bokor

Terakhir, rekomendasi  Destinasi wisata yang wajib dikunjungi  ketika  masa new normal nanti ialah Pantai Karang Bokor. Pantai yang berada di Desa Sawarna,  Kecamatan Bayah,  Kabupaten  Lebak ini  memiliki pesona yang luar biasa. Pada pantai ini, pengunjung dapat mengexplore tepian pantai dengan menggunalan jembatan gantung yang telah disediakan pengelola.  Pantai ini  juga  memilki tebing besar yang cocok untuk  menjadi background  swafoto.  Terlebih  pada pantai ini juga terdapat berbagai ikan laut seperti kerapu dan lainnya sehingga direkomendasikan menjadi spot untuk mancing mania para pemancing.

destinasi wisata di Lebak
Karang Bokor

Masih banyak destinasi wisata lainnya yang asyik untuk dikunjungi di Kabupaten  Lebak saat new normal nanti. Tentunya, para wisatawan nanti diminta untuk patuh terhadap protokol  kesehatan  yang berlakukan pengelola destinasi  wisata  sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.(Yusuf/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.