Siang Ini, Jokowi-Ma’ruf Amin Dilantik Jadi Presiden dan Wapres

  • Whatsapp

JAKARTA,REDAKSI24.COM—Setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada 30 Juni lalu, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin hari ini akan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2019-2024.

Pengucapan sumpah jabatan ini akan dilakukan dalam sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu Siang, 20 Oktober 2019. Acara pokok sidang paripurna akan dimulai pukul 14.30 WIB dan pengucapan sumpah akan dilakukan pukul 10.56 WIB.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Jenderal MPR, Ma’ruf Cahyono mengatakan, sedikitnya ada 1.100 undangan yang akan hadir. Undangan tersebut jelas Ma’ruf termasuk, anggota MPR, para presiden terdahulu, para ketua umum Partai Politik, serta pemimpin dan utusan negara sahabat akan jadi saksi langsung pembacaan sumpah tersebut.

“Saya kira 1.100 undangan jumlah yang sesuai dengan kapasitas gedung,” jelas Ma’ruf.
Ma’ruf mengaku persiapan jelang pelantikan telah mencapai 100 persen, mulai dari penataan tempa duduk tamu, hingga berbagai kebutuhan lainnya.

Ma’ruf juga mengatakan walaupun Jokowi meminta pelantikan digelar secara sederhana, namun tetap pihaknya mempertimbangkan standar yang diperlukan bagi para tamu internasional .
Sebelumnya Jokowi-Ma’ruf Amin dinyatakan menang pada Pilpres 2019 lalu dengan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara atau 55,50%, mengalahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50%.

Penetapan Jokowi-Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU nomor 1185/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VI/2019 dan Berita Acara nomor 152/PL.01.9-BA/KPU/VI/2019.

Surat itu lalu diperkuat oleh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Perselisihan Hasil Pemilu yang diajukan Prabowo-Sandiaga. Putusan itu dikeluarkan MK pada 27 Juni lalu. Perjuangan Prabowo-Sandiaga dan seluruh relawannya pun akhirnya kandas dan mereka harus mengakui Jokowi-Ma’ruf Amin yang terpilih sebagai pemenang Pilpres 2019.

Merujuk Pasal 428 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, presiden dan wakil presiden terpilih harus bersumpah berdasarkan agamanya masing-masing di hadapan sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Sumpah ini akan dilakukan sesuai dengan hari terakhir jabatan presiden sebelumnya.

Hari ini, tanggal 20 Oktober bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Jokowi di periode pertama bersama Jusuf Kalla (JK). Dalam pelantikan nanti, DPR dan Mahkamah Agung (MA) juga akan menyaksikan sumpah dan janji Jokowi-Ma’ruf.

Pasal 429 UU Nomor 7 Tahun 2017 menyebutkan isi sumpah yang harus dibacakan oleh presiden dan wakil presiden terpilih.

Sumpah/janji Presiden/Wakil Presiden sebagai berikut:

Sumpah Presiden (Wakil Presiden):

_”Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.”_
Janji Presiden (Wakil Presiden):

_”Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.”_

Setelah semuanya terlewati, Jokowi dan Ma’ruf Amin hari ini akan menuju saat-saat bersejarah bagi Republik ini. Setelah mengucap sumpah, Jokowi akan menjadi Presiden ke-8 menyusul periode keduanya setelah sebelumnya menjadi Presiden ke-7, dan Ma’ruf Amin menjadi Wakil Presiden untuk pertama kalinya. (Alfin/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.