Siaga Nataru 2020/2021, Tim SAR Siapkan Posko di Carita Pandeglang

  • Whatsapp
Tim SAR

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Banten, bakal menyiapkan posko pengamanan libur natal dan tahun baru (Nataru) 2020-2021 di kawasan objek wisata Carita, Kabupaten Pandeglang. Hal itu dilakukan sebagai langkah kesiapsiagaan dalam menjaga keamanan bagi wisatawan yang melakukan liburan.

Untuk memastikan kesiapsiagaan para personil tim SAR yang bakal ditugaskan di sejumlah titik kawasan wisata di Banten, serta memastikan kondisi angkatan laut (Alut), Basarnas Banten menggelar apel kesiapsiagaan terlebih dahulu. Selain itu, target siaga SAR Nataru yang akan dilakukan Basarnas selama 18 hari.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Banten, M Jaenal Arifin memprediksi, puncak arus masuk dan keluarnya wisatawan yang memanfaatkan waktu libur panjang, yaitu dari tanggal 23 Desember 2020 dan 3 Januari 2021. Kata dia, pengguna transportasi darat maupun udara tentunya akan mengalami peningkatan, begitu pula pada beberapa objek wisata yang ada di Banten. 

“Maka, kondisi itu harus diantisipasi dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan penempatan personil secara mobile (patroli), demi memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat atau wisatawan,” ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa gelar siaga SAR khusus ini agar selalu memperhatikan ketentuan khusus terkait pandemi covid-19. Poin penting yang dipertegas yakni posko mandiri yang memperhatikan fasilitas sesuai protokol covid-19, koordinasi bersama Gugus Tugas covid-19.

“Selain itu, menjalankan siaga sesuai rencana yang telah ditentukan, memberikan laporan kepada Kabasarnas secara berkala, dan berkoordinasi dengan instansi ataupun Potensi SAR terkait,” katanya.

Diakuinya, jumlah personil yang disiapkan dalam siaga SAR khusus tersebut sebanyak 36 personil, selain itu untuk penempatan posko mandiri berada di Pelabuhan Merak, Pantai Anyer, Pantai Carita dan Pantai Bagedur. Sementara untuk wilayah Toll Jakarta-Merak dipantau secara mobile.

“Siaga dimulai sejak hari ini hingga tanggal 4 Januari 2021. Ada pengaturan baik personil maupun Alut yang ada di wilayah kerja kami, sekaligus berkomunikasi dengan potensi SAR,” ujarnya.

Selain itu tambah dia, ada juga antisipasi pada hal-hal penting, misalnya jika terjadi bencana tanah longsor maupun banjir, mengingat sekarang ini meningkatnya curah hujan dan angin kencang yang terjadi hampir di seluruh wilayah Banten.

“Kami mendukung Pemerintah Provinsi Banten di bidang pariwisata, Basarnas Banten telah berkoordinasi dengan pengelola pariwisata serta unsur SAR yang terlibat di dalamnya,” tandasnya. (Samsul/Hendra)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.