Setelah Dilaporkan Hilang, Dua Nelayan Asal Garut Ditemukan Terombang Ambing di Perairan Cilacap

  • Whatsapp
Nelayan garut
Basarnas pantau kesehatan dua nelayan asal Garut yang sempat dilaporkan hilang- (Ant).

GARUT, REDAKSI24.COM- Setelah dilaporkan hilang selama sepekan, dua nelayan asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, ditemukan dalam keadaan selamat di lautan lepas wilayah perairan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (18/10/2020).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jawa Barat, Deden Ridwansyah membenarkan timnya telah mendapatkan informasi ada dua nelayan asal Garut yang selama ini hilang ditemukan terombang-ambing di lautan lepas wilayah Cilacap.

Bacaan Lainnya

“Dari Kantor SAR Cilacap pukul 15.00 WIB, bahwa Tim SAR Gabungan berhasil menemukan dua nelayan asal Garut yang terombang ambing di lautan lepas,” kata Deden.

Identitas nelayan itu yakni Ois (52) dan Ara (55) warga Pameungpeuk, Garut, yang sebelumnya berangkat melaut, Minggu (11/10/2020), dan tidak kunjung pulang, hingga akhirnya dilaporkan hilang pada Selasa (13/10/2020).

BACA JUGA: Setelah Hilang 4 Hari di Perairan Cihara, Nelayan Asal Pandeglang Ditemukan Tewas Mengambang

Tim gabungan, kata Deden, langsung bergerak melakukan pencarian dengan menyusuri pantai, sementara pencarian ke tengah lautan sempat mengalami kendala cuaca bahkan gelombang laut cukup tinggi yang dapat berisiko bahaya bagi personel di lapangan.

“Cuaca buruk menjadi salah satu kendala tim gabungan dalam mencari nelayan di laut,” kata Deden.

Selama pencarian itu, kata Deden, tim gabungan tidak menemukan kedua nelayan, bahkan tidak ada tanda-tanda yang mengarah pada keberadaan korban di wilayah perairan Garut.

Kedua nelayan itu, lanjut Deden, akhirnya berhasil ditemukan oleh kapal ikan dengan nama kapal Dava Jaya 2 yang sedang dalam perjalanan pulang ke Cilacap setelah melaut di wilayah itu.

“Kapal tersebut melihat ada dua orang di atas perahu dengan posisi terbalik sambil melambaikan tangan minta tolong,” kata Deden.

BACA JUGA: 3 Nelayan Labuan Yang Kapalnya Dihantam Gelombang ditemukan, 7 lainnya masih dalam pencarian

Ia menyampaikan, kapal tersebut membawa kedua nelayan ke Pelabuhan Perikanan, Cilacap untuk selanjutnya dibawa ke Klinik Umum Pratama Cilacap karena kondisinya lemas dan butuh perawatan medis.

“Mereka dibawa ke Klinik Umum Pratama Cilacap untuk penanganan lebih lanjut mengingat kondisi kedua nelayan tersebut lemas dan shock,” katanya. (Feri Purnama/Ant/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.