Setelah Ada Pasien Positif Covid-19, Dinkes Lebak Gelar Rapid di 9 Kecamatan

  • Whatsapp
Rapid test Covid-19 di Maja (Dok).

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak menggelar Rapid Test massal di 9 Kecamatan Kabupaten Lebak. Rapid test tersebut digelar guna mendeteksi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) menyusul adanya Petani di Kecamatan Cihara yang positif terinfeksi virus tersebut.

Kepala Dinkes Lebak, Triatno Supiono mengatakan, rapid test menyasar tempat keramaian di 9 Kecamatan, seperti Pasar di Kecamatan Malimping, Bayah, Cibeber, Cijaku, Panggarangan, Cilograng, Cigemblong, Wannasalam, dan Kampung Cipunaga, Desa Cihara, Kecamatan Cihara.

Bacaan Lainnya

“Rapid akan dilakukan secara bertahap mulai hari ini (Jum’at) hingga Sabtu (30/5/2020),” kata Kadinkes ketika dihubungi melalui telepon seluler, Jum’at (29/5/2020).

Kadinkes mengatakan, pihaknya menyiapkan 2500 hingga 3000 unit Rapid dengan target disetiap Kecamatan sebanyak 250 orang. Pihaknya akan memfokuskan rapid tersebut kepada masyarakat yang berkerumun, khususnya di ruang lingkup Petani yang positif ini.

“Kita akan rapid seluruh masyarakat ditingkat RW pasien posiitif, ” katanya.

Sementara itu, Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Lebak, Dr Firman mengatakan, pada rapid test tersebut jika ditemukannya warga yang reaktif, selanjutnya pihaknya akan melakukan swab test pada warga tersebut. Dan jika, hasil swabnya positif warga tersebut akan langsung mendapatkan perawatan di Wisma Atlet.

“Pasien positif hanya akan dibawa ke wisma atlet, ” kata Firman. Dan untuk pasien positif pertama dI Lebak yang merupakan seorang ketua RT di Kecamatan Cihara saat ini tengah menjalani masa isolasi di RSUD Banten.

“Sekarang berada di RSUD Banten, tidak dibawa ke Wisma Atlet. Untuk kondisinya, saya belum kontak dengan pihak rumah sakit,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.