Server Error, Wakil Ketua DPRD Banten Minta PPDB SMA Diperpanjang

oleh -
Server Error, Wakil Ketua DPRD Banten Minta PPDB SMA Diperpanjang
Server PPDB SMA Eror/Ist.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM-Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten M.Nawa Said Dimyati meminta Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten memperpanjang pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA. Hal itu diungkapkan Nawa terkait rusaknya server PPDB sehingga para orang tua masih belum bisa melakukan pendaftaran bagi anaknya.   

“Dindik harus memperpanjang proses pendaftaran PPDB, jangan sampai ada masyarakat yang dirugikan akibat rusaknya server,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Nawa mengaku dirinya belum mendapatkan informasi terkait rusaknya server PPDB ini. Namun Nawa mengaku saat pertemuan terakhir dengan pihak Dindik Banten terkait PPDB, saat itu indik Banten mengaku semua persiapan telah beres dan tak ada kendala.

BACA JUGA: Server PPDB SMA Down, JARSUS : Dindik Tidak Pernah Belajar Dari Pengalaman

“Secaa teknis saya kuran mendalami terkait masalh rusaknya server ini. Namun saat pertemuan sebelumnya pihak dindik mengaku telah melakukan berbagai persiapan termasuk menambah kapasitas server untuk mengantisipasi terjadi lonjakan pemakaian yang bisa membuat server jebol,”papar Nawa.

BACA JUGA: PPDB SMA di Banten Dimulai Besok, Ingat Tak Ada Lagi Zonasi Kecamatan Kota/Kabupaten

Sebelumnya Koordinator Jaringan Sekolah Untuk Semua (JARSUS ), Ade Yunus angkat bicara terkait rusaknya server PPDB. Menurut Ade banyak hal yang bisa  menyebabkan terjadinya server down, diantaranya adalah DNS bermasalah, Kebanjiran Pengunjung, SPOOF, Aplikasi Bajakan, Bencana Alam, Pemadaman Listrik, Hacker dan DDOS.

BACA JUGA: Kepala KCD Kabupaten Tangerang Ingatkan Kepala Sekolah Jangan Pertaruhkan Jabatan Saat PPDB

“Kalau Kebanjiran pengunjung atau biasa disebut traffic membludak, seharusnya kan dapat diantisipasi dengan menaikkan kapasitas dari web hosting. Atau bisa juga dengan cara memfilter sejumlah IP yang dicurigai menjadi penyebab traffic membludak,” ujar Ade.

Namun demikian Ade juga menyesalkan kejadian server down yang terus berulang setiap tahun saat PPDB online. Menurut Ade semestinya hal ini  sudah dapat diantisipasi sejak dini oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

“Kan setiap tahun sudah belajar dari pengalaman, kalau tiap tahun terus terjadi seperti ini sama saja kita jatuh dalam lubang yang sama, bahkan lebih buruk, Dindik segera berbenah perbaiki, evaluasi dan lakukan mitigasi mengingat waktu pendaftaran sangat sempit,” tegasnya.

Untuk diketahui pihak Dindik Banten telah memutuskan jika pndaftaran PPDB untuk jalur donasi dilakukan secara online. Pendaftaran PPDB jalur zonasi ini dimulai pda senin (21/62021) sampai Rabu (23/6/2021) dan akan diuumumkn hasilnya pada Minggu, 27 Juni 2021.  (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.