Sepuluh Kecamatan di Kabupaten Lebak Dilanda Banjir

  • Whatsapp
Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rezky Pratama.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM– Sepuluh Kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, terendam banjir karena air sungai meluap lantaran diterpa hujan deras sejak Sabtu (5/12/2020) malam.

Hal itu dibenarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak. ” Ya, dalam kejadian tersebut Kami belum menerima laporan adanya korban jiwa akibat dilanda banjir,” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rezky Pratama di Lebak, Minggu (6/12/2020).

Bacaan Lainnya

Sebagian warga yang dilanda banjir, katanya sudah mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman. Mengingat banjir yang melanda pemukiman mereka berkisar antara 30 sampai 50 centimeter.

Diantara kesepuluh kecamatan itu, kata dia, Kecamatan Wanasalam, Cijaku, Malingping, Cirinten, Bojongmanik, Leuwidamar dan Cijaku.

BACA JUGA: Lebak Kembali Dilanda Banjir dan Longsor, Para Korban Butuh Bantuan

Untuk sementara, tambahnya, rumah warga yang terendam banjir sebanyak 174 unit dan 11 unit mengalami rusak ringan dan berat.

Namun demikian, BPBD Lebak terus mengoptimalkan kewaspadaan bencana alam yang terjadi setiap akhir tahun guna mengurangi resiko kebencanaan. “Kami minta warga tetap siaga menghadapi cuaca buruk untuk mengantisipasi bencana alam itu,” katanya.

Ia menjelaskan  BPBD Lebak berkoordinasi dengan TNI, Polri dan relawan melakukan evakuasi untuk penyelamatan warga setempat. Selain itu juga menyalurkan logistik ke lokasi-lokasi warga yang terdampak bencana alam agar terpenuhi kebutuhan dasar setelah dilanda banjir.

BACA JUGA: Korban Banjir dan Tanah Longsor di Lebak Minta Direlokasi

“Kami sekarang prioritaskan pelayanan dasar kepada warga korban banjir agar tidak menimbulkan kerawanan pangan dan penularan penyakit,” paparnya.

Sementara itu, sejumlah warga Wanasalam Kabupaten Lebak mengatakan bahwa mereka saat ini masih tinggal di pengungsian sehubungan curah hujan belum surut. “Kami sudah biasa diterjang banjir jika curah hujan tinggi,” kata Ujang warga Desa Cisarap Kabupaten Lebak. (Mansyur suryana/Ant/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.