Sepi Peminat, SMK Prisma Kota Serang Tutup

  • Whatsapp
SMK prisma kota serang tutup
SMKS Prisma Kota Serang tahun ini resmi ditutup.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Prisma Kota Serang, tepatnya di Kelurahan Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, resmi tutup. Ditutupnya lembaga pendidikan itu, disebut-sebut lantaran tidak kebagian siswa.

Kepala SMKS Prisma Kota Serang, Syamsudin membenarkan sekolah yang dipimpinnya resmi ditutup tahun ini. Padahal, kata dia, sekolah kejuruan itu sudah berdiri lebih dari 28 tahun. Penutupan SMKS Prisma Kota Serang, kata Syamsudin, ditandai dengan tidak dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun ajaran 2020-2021.

Bacaan Lainnya

Syamsudin menegaskan, SMKS Prisma resmi ditutup karena sejak beberapa tahun belakangan peminatnya semakin berkurang. Siswa lebih memilih bersekolah di negeri daripada swasta. Sedangkan siswa yang masih menempuh pendidikan di sekolah itu, kata Syamsudin, merupakan siswa semester akhir.

“Mereka sudah dirumahkan sejak merebaknya Covid-19. Kini mereka sudah dialihkan atau dipindahkan ke beberapa sekolah negeri dan swasta,” katanya.

BACA JUGA: Di Kota Serang, Banyak Peserta PPDB Online Salah Titik Koordinat Tempat Tinggal

Sedangkan untuk guru, kata Syamsudin, jumlahnya ada 18 orang, termasuk dirinya. Para guru, lanjut Syamsudin, juga sudah dialihkan untuk pindah mengajar ke sekolah negeri dan swasta, diantaranya ke SMKN 7, SMK Pelayaran PGRI dan lainnya.

“Kalau soal bangunan mau diapakan, itu yang tidak bisa kami jawab. Itu urusan yayasan. Kami hanya berkewajiban memindahkan siswa ke sekolah lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RT 01 RW12 Kelurahan Panancangan, Samsuri mengungkapkan, SMKS Prisma sudah tidak menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar (KBM) kepada siswanya sejak adanya pandemi covid-19.

“Sejak covid-19 siswa sudah tidak ada yang datang lagi sekolah, meski dekat. Sekarang sekolah itu tutup karena masyarakat lebih memilih sekolah negeri yang gratis,” ungkapnya.

BACA JUGA: Soal Biaya Pendidikan, Dindik Kota Serang Tak Bisa Intervensi Sekolah Swasta

Menurut Samsuri, SMKS Prisma tidak seramai pada awal berdirinya sekolah kejuruan itu. Puncaknya pada 2019, jumlah siswa yang mendaftar sedikit. Sekolah swasta tersebut akhirnya kekurangan siswa.

“Padahal dulunya anak-anak dari mana-mana sekolahnya ke sini (SMK Prisma),” ujarnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.