Seorang Warga Kabupaten Tangerang Pingsan Usai Divaksin

oleh -
Seorang Warga Kabupaten Tangerang Pingsan Usai Divaksin biofarma kecamatan solear kipi
Diduga karena tidak kuat lagi menahan reaksi vaksin buatan Biofarma itu, Samsul akhirnya jatuh pingsan.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Seorang warga Perumahan Taman Kirana Surya, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, bernama Samsul Bahri tak sadarkan diri sesaat usai disuntik vaksin COVID-19, Sabtu (14/8/2021) pagi.

Sebelumnya, Samsul Bahri ini mengikuti program vaksinasi COVID-19 yang digelar secara massal di Kecamatan Solear. Seperti peserta vaksin lainnya, Samsul kemudian mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan sebelum divaksin.

Setelah melalui proses screening, seperti cek suhu badan, tensi darah dan sejumlah pertanyaan kemungkinan ada penyakit bawaan atau penyakit dalam, akhirnya pasien dinyatakan layak mendapatkan suntik vaksin dosis pertama.

Setelah divaksin, petugas kesehatan kemudian meminta pasien untuk beristirahat selama 15 menit. Prosedur itu untuk mengetahui apakah ada gejala lanjutan atau tidak usai divaksin (observasi).

BACA JUGA: Naik Kereta Api Kini Wajib Punya Kartu Vaksin COVID-19

Setelah selesai 15 menit pasca vaksin, Samsul dinyatakan sehat. Pria itu pun pulang ke rumahnya. Namun tidak beberapa lama kemudian, Samsul mengaku merasa lemas dan pusing.

Samsul lalu kembali mendatangi petugas kesehatan di Kecamatan Solear untuk memberitahukan gejala yang dialaminya. Diduga karena tidak kuat lagi menahan reaksi vaksin buatan Biofarma itu, Samsul akhirnya jatuh pingsan.

Melihat itu, petugas kesehatan langsung melarikan Samsul ke RSUD Tobat Balaraja untuk menjalani perawatan secara intensif.

Camat Solear, Kabupaten Tangerang, Karsan menyampaikan, gejala yang dialami Karsan biasa disebut KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi.

“Itu namanya  KIPI, penyebabnya bisa akibat kelelahan, belum sarapan, bisa saja asam lambungnya naik, atau bisa saja mempunyai penyakit bawaan,” ungkap Karsan saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Sabtu (14/8/2021).

Sementara Kepala Puskesmas Cikuya Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Mutmainah mengatakan, sebelum mendapat suntikan vaksin, pasien dalam kondisi baik dan layak vaksin. Namun belakangan diketahui, jika pasien belum sarapan sebelum divaksin.

“Dari anamnesis di rumah sakit pasien belum sarapan dan kondisi pasien saat ini stabil dan saat ini sedang dirawat di RSUD Tobat Balaraja,” jelas Mutmainah.(RM1/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.