Seni Budaya Pencak Silat di Pandeglang Terancam Punah

  • Whatsapp
pencak silat pandeglang
PPSI menggelar audiensi dengan Bupati Pandeglang, Rabu (26/8/2020).

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) meminta Pemkab Pandeglang mendukung pengembangan seni budaya pencak silat. Sebab di Pandeglang, seni budaya bela diri itu kini terancam punah.

Ketua Umum PPSI Kabupaten Pandeglang, Defit Tanfidiyah mengatakan, keberadaan seni budaya pencak silat mulai pudar. Sebab itu, pihaknya minta Pemkab Pandeglang ikut serta dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya tersebut supaya tidak punah.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat butuh dukungan pemerintah dalam melestarikan seni budaya ini,” ungkap Defit saat menggelar pertemuan dengan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang di Ruang Pintar, Rabu (26/8/2020).

Menurutnya, seni budaya pencak silat merupakan seni bela diri tradisional. Menurutnya, kondisi pandemi covid-19 berdampak pula terhadap pelaku seni budaya pencak silat. Namun, lanjut Defit, pihaknya bertekad melestarikan seni pencak silat di kota sejuta santri seribu ulama ini.

BACA JUGA: Penambak di Pandeglang Diminta Manfaatkan Bantuan Rp50 Miliar

“Seni budaya pencak silat harus tumbuh subur dan diminati seluruh kalangan masyarakat. Kehadiran PPSI sebagai wadah berkumpulnya para pendekar silat di Pandeglang, ingin terus melestarikan seni budaya dan mencetak para generasi muda yang memiliki prestasi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban merespon apa yang menjadi keinginan PPSI. Tanto berjanji pemerintah daerah akan berupaya untuk mengembangkan dan melestarikan seni pencak silat tersebut.

“Pencak silat merupakan seni bela diri yang memiliki nilai-nilai filosofi, moral, ahlak dan nilai keagamaan. Maka dalam pengembangan seni budaya itu kami akan mengolaborasikan seni pencak silat dengan pariwisata,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.