Seluruh Puskesmas di Kabupaten Serang Diminta Siaga Corona

  • Whatsapp
Ancaman Virus Corona
Ilustrasi Ancaman Virus Corona

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM –Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang sudah mengedarkan surat edaran, baik dari Kementerian maupun dari Pemerintah Provinsi Banten kepada Puskesmas dan klinik  di daerah itu agar siaga virus corona.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Serang, Riris Budiarni mengaku terus memantau kesiapsiagakan puskesmas maupun klinik dalam menghadapi kemungkinan adanya warga yang suspect virus corona.

Bacaan Lainnya

“Petugas Puskesmas juga kami minta update terus tentang perkembangan corona,” kata Riris Budiarni kepada wartawan di Ruangannya, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, untuk Provinsi Banten pencegahan masuknya corona sesuai dengan instruksi nasional. Jika ada yang masuk melalui pelabuhan atau bandara akan dilakukan scan yang dilakukan petugas KKP bandara,

“Bila ditemukan ada yang mengalami gejala demam atau suspect corona akan diarahkan ke Rumah Sakit Sulianti,” tegasnya.

Selain rumah sakit itu, Riris menyebut sejumlah rumah sakit di Tangerang dan RSDP juga dipersiapkan untuk rujukan jika ditemukan suspect virus corona. Meski virus Corona tidak terdeteksi menyebar di Kabupaten Serang, namun menurut Riris, pihaknya tetap siaga dengan mempersiapkan segala sesuatu yang bakal terjadi.

BACA JUGA:

. Waspadai Virus Corona, Disnakertrans Pantau TKA di Lebak

. Kemenkes Siapkan RS Rujukan Bagi Pasien Terindikasi Virus Corona

. Cegah Masuknya Virus Corona, KKP Kelas II Banten Awasi Pergerakan Kapal Asing

Ditanya soal Kabupaten Serang banyak industri dan pekerja asing asal Cina, Riris Budiarni mengungkapkan, Pemprov Banten melalui Disnaker sudah meminta kepada perusahaan agar lebih pro aktif jika ditemukan gejala corona untuk segera ditangani.

“Belum ada (virus corona). Kami berharap jangan ada,” imbuhnya.

Riris Budarni menjelaskan, gejala virus corona sama dengan demam pada umumnya. Penderita mengalami demam tinggi disertai batuk dan pilek. “Kami imbau masyarakat juga menjaga kebersihan lingkungan. Petugas Puskesmas kami minta lebih sering turun ke lapangan untuk siaga,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.