Seleksi Duta Anak Dukung Kabupaten Tangerang Layak Anak

oleh -
Seleksi Duta Anak Dukung Kabupaten Tangerang Layak Anak forum anak hak dan perlindungan anak
SELEKSI DUTA ANAK - Indikator penilaan lebih menitikberatkan pada penguasaan public speaking, penguasaan materi tentang peraturan perundang-undangan tentang perlindungan anak, dan studi kasus tentang pemecahan masalah tentang kekerasan terhadap anak.

KABUPATEN TANGERANG – Guna mendukung upaya pemenuhan hak dan perlindungan kepada anak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, bersama Forum Anak Kabupaten Tangerang menggelar seleksi Pemilihan Duta Anak 2021, Kamis (12/08/2021).

Kegiatan bertema Anak Indonesia Bangga Berbudaya tersebut bertempat di Aula Gemilang Gedung Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang di kawasan Puspemkab Tangerang, Tigaraksa dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang, Asep Jatmika Sutrisno menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap pemenuhan lima klaster anak. Mengingat, Duta Anak merupakan salah satu indikator penilaian kabupaten/kota ramah dan layak anak.

“Untuk peserta pemilihan Duta Anak ini diambil dari masing-masing kecamatan, totalnya ada 29 anak yang mewakili kecamatannya. Untuk 29 peserta ini kami seleksi lagi menjadi 6 peserta, nanti dipilih lagi sebagai juara 1 2 3, lalu sisanya ditunjuk sebagai Duta Pendidikan, Duta Kebudayaan, dan Duta Persahabatan,” jelasnya.

BACA JUGA: Pemkab Tangerang Bahas Perubahan RPJMD 2019-2023

Asep menjelaskan, untuk indikator penilaan lebih menitikberatkan pada penguasaan public speaking, penguasaan materi tentang peraturan perundang-undangan tentang perlindungan anak, dan studi kasus tentang pemecahan masalah tentang kekerasan terhadap anak.

Ketua Forum Anak Kabupaten Tangerang, Achmad Fadhlilhuddin menjelaskan, duta anak diselenggarakan setiap tahunnya. Nantinya, juara 1 pada pemilihan duta anak akan mewakili Kabupaten Tangerang ke tingkat Provinsi Banten.

“Peserta ini diuji tentang bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tentang kekerasan kepada anak, lalu nanti juga akan diuji kemampuan dalam berbicara di depan umum. Hal ini juga penting untuk dipersiapkan mengetahui tugas utama seorang duta adalah dapat menjadi tutor yang baik,” ujarnya.

Iapun berharap, untuk duta anak yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik, mengingat peran dari Duta Anak ini adalah sebagai pelopor dan pelapor bagi anak-anak di Kabupaten Tangerang.

“Dengan adanya duta anak bisa menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai kabupaten layak anak pada tahun tahun berikutnya,” tandasnya.(Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.