Selama Pandemi Covid-19, Sampah Plastik Meningkat di Kota Serang

oleh -
sampah kota serang
Kepala DLH Kota Serang, Ipiyanto.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Selam masa pandemi covid-19 terjadi peningkatan volume sampah rumah tangga din Kota Serang, Banten. Mirisnya, sampah rumah tangga di ibu kota Provinsi Banten tersebut didominasi sampah plastic.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Ipiyanto kepada wartawan Selasa (7/7/2020) mengakui, dari catatan pihaknya, ada peningkatan volume sampah jenis plastik pada sampah rumah tangga.

“Pada pandemi covid-19 banyak warga yang bekerja dari rumah. Yang tadinya biasa makan di luar rumah, akhirnya pesan makan secara online yang menggunakan plastik,” kata Ipiyanto.

BACA JUGA: Dampak Covid-19, Kota Serang Kekurangan Stok Beras

Menurut Ipiyanto, peningkatan volume sampah paling banyak terjadi di Kecamatan Serang dan Cipocok Jaya. Hal itu, kata dia, karena di kedua kecamatan tersebut paling banyak jumlah penduduknya.

Untuk mengatasi volume sampah, pihaknya menambah jumlah ritase bagi armada pengangkutan sampah, meski jumlah armada pengangkut sampah saat ini terbatas. Misalnya, kata dia, dari yang tadinya satu rit menjadi dua rit.

“Kami punya 35 armada, yakni amrol 12 unit, dan dump truk 23 unit. Mau tidak mau kami harus menambah jumlah ritase pengangkutan sampah,” imbuhnya seraya menyebut, jumlah sampah se-Kota Serang per harinya mencapai 1.623 kubik.

BACA JUGA: PKL Penuhi Lagi Stadion Maulana Yusuf Kota Serang

Pihaknya berharap masyarakat Kota Serang membuang sampah pada tempat pembuangan sampah (TPS) yang sudah ditetapkan DLH Kota Serang. Sebab, menurut Ipiyanto, masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan.

“Kalau warga membuang sampah pada TPS yang sudah ditentukan, tentu akan memudahkan  petugas mengangkutnya,” tandasnya.(Adi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.