Selama 27 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Warga Komplek Mutiara Garuda Desak Pengembang Serahkan PSU Ke Pemda

oleh -
PSU, Dinas Perkim, Kabupaten Tangerang, Kommplek Mutiara Garuda, Teluknaga,

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM-Warga Komplek Mutiara Garuda,Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, mendesak pihak pengembang, segera menyerahkan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) kepada pemerintah daerah. Bahkan mereka pun meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang mengambil tindakan tegas dengan mengambil paksa PSU karena karena sudah 27 tak kunjung diserahkan oleh pihak pengembang.

Ketua Forum Komplek Mutiara Garuda, H. Djamaludin menjelaskan dengan belum juga diserahkannya PSU oleh pengembang membuat 27 tahun warga Komplek Mutiara Garuda yang tergabung dalam RW.14,15,16 dan 18 Desa Kampung Melayu Timur belum pernah merasakan pembangunan pemerintah. Pasalnya dengan tak kunjung diserahkannya PSU oleh pengembang membuat Pemkab Tangerang tak bisa menganggarkan APBD nya untuk perbaikan berbagai fasilitas umum di Komplek Mutiara Garuda.

“Sebenarnya jika pengembang mau merawat fasilitas umum, warga tentunya tidak akan mendesak segera diserahkan PSU ini. Namun karena selama ini perbaikan harus dilakukan swadaya oleh warga tentunya ini yang memberatkan. Bayangkan sudah 27 tahun kami harus  swadaya jika ingin memperbaiki berbagai fasilitas umum yang rusak karena pengembang mengabaikan dan Pemkab tidak bisa  menganggarkan karena belum adanya penyerahan PSU,” tegas H. Djamaludin saat menghadiri acara Pemaparan dan pemeriksaan Lapangan rencana Penyerahan PSU Perumahan dan Pemukiman yang digelar Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman (Perkim) Kabupaten Tangerang, Rabu (31/1/2021).

H.Djamaludin mengaku melalui Forum Warga,  sebenarnya warga sudah sering menyurati baik ke pengembang maupun pemerintah daerah agar bisa segera dilakukan serah terima PSU, namun keinginan warga tersebut tak kunjung direalisasikan.

“Adanya acara yang digelar oleh Tim Verifikasi dari Dinas Perkim tentunya menjadi angin segar bagi kami. Namun jika setelah ini penyerahan PSU  kembali mandek, tentunya kami tidak akan tinggal diam. Apa perlu kami melakukan aksi ke jalan,” tegas H. Djamaludin

BACA JUGA: Menkes Apresiasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang

Sementara itu  Kasie Perumahan di Dinas Perkim Kabupaten Tangerang   Deni Rudiansyah menjelaskan sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Pasal 23 poin 3, prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) yang telah selesai dibangun oleh setiap orang harus diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk itu sebagai tindak lanjut dari adanya surat dari Forum Komplek Mutiara Garuda maka Tim Verifikasi dari Dinas Perkim Kabupaten Tangerang menggelar acara Pemaparan dan pemeriksaan Lapangan rencana Penyerahan PSU Perumahan dan Permukiman dengan mengundang warga dan pihak pengembang yang terdiri dari PT Graha Cemerlang, PT Indo Global Adiya Pratama dan PT Badai Makmur.

Menurut Deni walaupun dalam acara ini tidak ada satupun perwakilan dari pihak pengembang  yang hadir pihaknya akan tetap memproses terkait penyerahan PSU. Pasalnya menurut Deni, sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Pasal 23 poin 3, prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) yang telah selesai dibangun oleh setiap orang harus diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Jika pengembang tetap tidak menyerahkan maka maka kami bisa ambil alih sepihak PSU  dari pengembaang melalui Forum Warga dengan merujuk kepada site plan yang dibuat pengembang saat mengajukan izin pembangunan,” jelas Deni.

Deni pun menegaskan jika lahan PSU tersebut bukan milik pengembang tetapi milik penghuni karena saat pembelian penghuni membeli tidak hanya bangunan rumahnya saja tetapi juga berbagai fasilitas yang ada di dalam perumahannya.

“Mudah-,mudahan proses serah terima PSU ini bisa segera dilaksanakan,” pungkas Deni.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.