Selain Bawa Jamilah, Bupati Lebak: Ambulance Feeder Boleh Angkut Hasil Panen

  • Whatsapp
Iti Octavia Jayabaya
Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabay

LEBAK, REDAKSI24.COM– Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya mengapresiasi pemanfaatan ambulance feeder atau kendaraan alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) untuk membawa Jamilah (jemput antar ibu melahirkan dan bayi), dan juga bisa digunakan sebagai angkutan pasca panen.

“Kami sangat terbantu adanya ambulance feeder yang diluncurkan Kementerian Perindustrian tahun 2019 itu,” kata Iti Octavia di Rangkasbitung, Lebak, Jumat.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemanfaatan kendaraan ambulance feeder itu dapat digunakan untuk Jamilah (jemput antar ibu hamil melahirkan)  ke pelosok-pelosok desa di Kecamatan Bojongmanik.

Bupati Iti Octavia mengklaim, berkat pengoperasian kendaraan AMMDes itu terbukti kasus kematian ibu dan bayi hingga Agustus 2020 tidak ditemukan.

Padahal, pada 2017 sampai 2018 di Kecamatan Bojongmanik terdapat dua kasus kematian ibu dan bayi. “Diharapkan ke depannya  kasus kematian ibu dan bayi tidak ditemukan lagi,”ucap Iti Octavia menjelaskan.

Kata bupati, kendaraan ambulance feeder  bukan hanya dioperasikan  menangani urusan kesehatan saja, namun multiguna dan bisa dimanfaatkan untuk penanganan angkutan pasca-panen, termasuk hasil panen,  dan penjernihan air.Karena itu, lanjut Iti Octavia, pemerintah kabupaten mendorong pemerintah desa dapat memiliki mobil AMMDes karena manfaatnya cukup banyak, terlebih Lebak daerah rawan bencana alam.

“Kita berharap pemerintah desa bisa beli kendaraan ambulance feeder  untuk dimanfaatkan di sektor kesehatan, ekonomi, sanitasi air, kegiatan pascapanen, bahkan penting juga bagi penanganan bencana alam,”pungkas Iti Octavia.(Mansyur/Ant/Jaya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.