Sekda Klaim Banyak Warga Banten yang Bekerja di Rumah

oleh -
Almukhtabar
Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Almukhtabar.

SERANG, REDAKSI24.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Almukhtabar mengklaim Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Banten tinggi karena banyak masyarakat yang bekerja melalui perangkat mobile (online) yang bisa dilakukan di rumah. Hal ini kemudian terinput ke data pengangguran pada Badan Pusat Statistik (BPS) ketika melakukan pendataan.

Indikasi itu bisa terlihat dari jumlah masyarakat miskin di Banten yang menurun, tetapi angka pengangguran masih diatas rata-rata nasional.

“Seharusnya jika kemiskinan menurun, angka pengangguran juga menurun. Tapi ini kan tidak. Unik sekali,” kata Almukhtabar.

BACA JUGA:

. Sekda Banten Terancam Dilaporkan ke Kejagung

. Sekda Banten Janjikan Bantuan Kekeringan di Pandeglang

. Wow, Biaya Sewa Rumah Dinas Sekda Banten Rp290 Juta

Mukhtabar menambahkan, fenomena bisnis jual beli online kini sudah masuk ke peloksok desa. Bahkan bisa dipastikan setiap orang pasti memiliki gaway, baik untuk komunikasi atau usaha bisnis online. “Perkembangan teknologi kini sudah semakin canggih,” ujarnya.

Tahun 2018 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Banten mencapai 8,52 persen, masih tertinggi secara rata-rata nasional 5,34 persen. Sedangkan angka kemiskinan di Banten pada tahun 2018 tercatat 5,24 persen, di bawah angka rata-rata nasional sebesar 9,66.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Kependudukan BPS Provinsi Banten Heri Purnomo mengatakan, data pengangguran yang didapat BPS itu merupakan hasil penelitian ilmiah, ada rumus-rumus perhitungannya, sehingga kecil kemungkinannya terjadi salah input data.

“Biasanya kami melakukan survei antara bulan Agustus dengan Februari. Mengambil bulan Agustus karena indikasi pengangguran itu biasanya setelah lulus sekolah,” katanya, Kamis (3/10/2019).

Berdasarkan hasil analisa, lanjut Heri, penyumbang pengangguran yang paling banyak itu dari lulusan SMK dari pada SMA, dengan rata-rata partisipasi sekolah 80 persen. (Luthfi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.