Sejumlah Dinas di Pandeglang Bakal Dirampingkan

  • Whatsapp
dinas pandeglang
Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan melakukan perampingan terhadap sejumlah dinas. Perampingan dilakukan untuk efektifitas dan efisiensi program kegiatan di sejumlah dinas tersebut.

Sejumlah dinas yang bakal dirampingkan atau merger tersebut diantaranya, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dengan Dinas Pertanian, UMKM dengan Disperindagpas, dan Dispora dengan Dinas Pariwisata.

Bacaan Lainnya

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengakui, rencana perampingan tersebut untuk efisiensi dan efektifitas sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga ketika dimerger, kegiatan OPD tersebut bisa lebih komprehensif.

“Seperti di Dinas Ketapang dengan Pertanian, supaya kegiatannya bisa lebih komprehensif, kemudian arus kas-nya juga jadi satu pintu. Karena kegiatan di Ketapang juga sedikit, maka akan kami merger dengan Dinas Pertanian,” ungkap Irna usai melakukan sosialisasi Pilkada di Kecamatan Cisata, Rabu (12/8/2020).

BACA JUGA: Sekolah Tatap Muka di Pandeglang Baru Capai 48 Persen

Dikatakan Irna, meski miskin struktur ketika ada perampingan sejumlah instansi tapi kaya dengan fungsi. Namun rencana merger sejumlah dinas tersebut baru pembahasan, kemungkinan tahun depan baru bisa dimulai.

“Selama 4 sampai 5 tahun belakangan ini banyak pemborosan, kegiatan tidak terpusat dan tidak terstruktur. Maka mengapa tidak kami lakukan perampingan,” katanya.

Terpisah, Kepala BKD Pandeglang, Ali Fahmi Sumata mengatakan, rencana perampingan terhadap sejumlah OPD tersebut mengacu pada Permendagri yang terbaru. Tujuannya adalah untuk lebih mengefektifkan OPD yang ada.

Meski demikian, tambah Fahmi, langkah itu belum final, baru sebatas pembahasan dan penyusunan. Namun intinya langkah itu mengacu pada Permendagri yang baru untuk efisiensi organisasi.

“Rencana perampingan dinas itu sudah beberapa kali dibahas. Namun belum menjadi sebuah kepastian, karena baru sebatas rancanagan awal,” ujarnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.