Sedikitnya 8.853 Orang Di Lebak Menderita ISPA

  • Whatsapp
ISPA

LEBAK, REDAKSI24.COM- Sepanjang musim kemarau, Agustus – September 2019, sebanyak 8.853 masyarakat Kabupaten Lebak mengalami Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Hal itu disampai oleh Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, Firman Rahmatullah kepada Redaksi24.com, Rabu (25/9/2019).

Data tersebut kata dia, diperoleh dari jumlah pasien yang pernah mendapat penanganan medis di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Lebak. Sedangkan dari RSUD belum dilaporkan. ” Ya kemungkinan besar jumlah itu akan bertambah apabila data pasien ISPA dari RSUD sudah masuk,” kata Firman.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh Firman menjelaskan, di musim kemarau, penyakit ISPA memang rentan menyerang masyarakat. Bahkan di Kabupaten Lebak kata dia, penyakit tersebut nomor satu paling banyak dialami masyarakat.

Penderita ISPA di Lebak, tambahnya didominasi oleh anak dibawah lima tahun atau Balita, dengan jumlah mencapai 5.059 penderita. Sedangkan diatas Balita mencapai 3.794 orang. “ISPA menyerang warga, karena banyaknya debu dan pencemaran lingkungan di musim kemarau ini,” kata dia.

BACA JUGA:

Rumah Desa Sehat Dinilai Bisa Tekan Kasus Stunting

Lebak Jadi Lokus Penanganan Stunting

Sementara upaya pencegahannya, kata Firman, pihaknya meminta kepada petugas medis di 28 Kecamatan di Lebak agar memaksimalkan promosi pencegahan daripada pengobatan. Caranya kata dia, dengan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat  agar membudayakan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi, protein dan karbohidrat, serta membiasaan cuci tangan sebelum makan, tidak merokok, todak mengkonsumsi minuman keras dan begadang.

” Kami telah meminta petugas Puskesmas agar melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat guna mencegah penyakit menular,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.