Sebanyak 82 Napi di Lapas Rangkasbitung Pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H Dapat Remisi

  • Whatsapp
Suasana pemberian remisi pada Napi Lapas Ramgkasbitung.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Sebanyak 82 narapidana Lapas Kelas III Rangkasbitung dapat pemotongan masa hukuman atau remisi Lebaran 2020. Remisi tersebut diberikan secara langsung oleh Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswan tepat di Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Minggu (24/5/2020).

“Remisi tersebut merupakan hak para Napi karena telah berperilaku baik selama masa tahanan, ” kata Kalapas kepada Redaksi24.com .

Bacaan Lainnya

Kalapas mengatakan, pemberian remisi tersebut bervariasi mulai dari 15 hari hingga satu bulan. Bahkan dari 82 napi tersebut terdapat 2 orang napi yang langsung bebas pada hari istimewa bagi umat muslim tersebut.

Lanjutnya, sebelumnya para Napi tersebut terlebih dahulu diusulkan secara Online melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) dan menunggu hasil keputusan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Pengusulan remisi tentunya bagi para Napi yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang tertuang dalam Kepres No. 174 Tahun 1999, tentang remisi serta peraturan terkait lainnya seperti Peraturan Pemerintah No. 99 Tahun 2012 dan Permenkumham No. 3 Tahun 2018. Secara umum remisi diberikan kepada Narapidana yang berkelakuan baik minimal 6 bulan sebelum tanggal pemberian remisi.

“Remisi diberikan berdasarkan masa pidana, dan penilaian kelakuan baik. Seluruhnya sudah otomatis by sistem,” tuturnya.

Dengan adanya remisi itu, dia berharap memacu narapidana untuk tetap berkelakuan baik selama menjalani sisa hukuman. “Remisi ini merupakan hak narapidana jika berkelakuan baik menjalani sisa hukuman dan mematuhi program dan aturan di lapas,” tegas Kalapas.

Sebagai informasi jumlah penghuni di Lapas Kelas Rangkasbitung berjumlah 189 orang dengan kapasitas 100 orang, 2 dorang diantaranya akan bebas menjalani asimilasi dirumah. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.