Sebanyak 805 Jamaah Calon Haji Kota Serang Batal Berangkat

  • Whatsapp
jamaah haji
Ilustrasi - Pemerintah secara resmi meniadakan ibadah haji untuk tahun 2020 menyusuil belum berakhirnya pandemi covid-19.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Sebanyak 805 jemaah calon haji Kota Serang, Banten tahun ini batal diberangkatkan ke Arab Saudi. Pembatalan tersebut menyusul adanya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H atau 2020 M.

Kepala Sub Bagian Tat Usaha (Kasubag TU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang, Kosasih menyatakan, pembatalan pemberangkatan jemaah calon haji tersebut dalam rangka mengutamakan keselamatan para calon haji dari penularan covid-19.

Bacaan Lainnya

“Pembatalan lebih karena demi keselamatan bangsa, terutama jamaah haji,” katanya kepada wartawan di Kota Serang, Selasa (2/6/2020).

Di Kota Serang, sambung Kosasih, jemaah calon haji yang seharusnya berangkat pada tahun ini jumlahnya mencapai 805 orang, “Kami tidak bisa berbuat apa-apa kalau sudah dibatalkan,” imbuhnya.

Padahal para jemaah haji itu, menurut Kosasih, sudah melakukan pembayaran untuk pemberangkatan haji tahun ini. Meski demikian, kata dia, ada kebijakan bila para jemaah haji diperbolehkan untuk mengambil kembali ongkos naik haji (ONH) yang telah dilunasinya.

“Semua jamaah sudah membayar ONH, tapi ada kebijakan yang mau membatalkan bisa mengambil kembali ONH. Kami siapkan juklak dan juknis untuk pengembaliannya kepada jamaah calon haji yang batal berangkat,” jelas Kosasih.

Sampai hari ini, Kosasih mengaku belum menerima keluhan dari para jemaah calon haji terkait pembatalan keberangkatan tersebut.  Dia memperkirakan para jemaah calon haji belum mengetahui kabar pembatalan keberangkatan tersebut. Namun pihaknya akan meneruskan informasi pembatalan keberangkatan itu kepada seluruh jelamaah calon haji.

“Tahun ini dibatalkan seluruhnya. belum semua tahu karena keputusannya baru hari ini,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.