Sebanyak 16 Ribu Warga Serang Dapat BST Dari Kemensos

oleh -
Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara (kaos merah) didampingi Wali Kota Serang Syafrudin saat salurkan BST pada warga.

SERANG, REDAKSI24.COM – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk warga Kota Serang, Banten cair. Ada 16 ribu Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan tersebut.

Demikian dikatakan, Wali Kota Serang Syafrudin. Menurutnya, Bansos tersebut diterima secara langsung oleh warga Kota Serang dengan nilai Rp 600 ribu

“Bantuan dari pusat untuk Kota Serang ini nilainya Rp 600 ribu per-KK. Bantuan diberikan langsung ke penerima yang berjumlah sebanyak 16.000 KK,” katanya kepada wartawan saat penerimaan bantuan sosial secara simbolis di Kantor Pos Kota Serang, Sabtu (9/5/2020).

Sementara itu, Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara menekankan agar BST dipergunakan untuk membeli sembako. “Intinya kepada penerima BST agar dipergunakan sebaik mungkin, jangan sampai nanti dipergunakan untuk membeli rokok Bapaknya. Harus dibelikan ke kebutuhan poko buat makan,” harapnya.

Selain itu, Juliari menjelaskan, sebanyak 343.269 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BST di Provinsi Banten dengan nilai bantuan sebesar Rp600.ribu per KPM per bulannya.

“Dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM per bulan. Bantuan social tunai diberikan selama 3 (tiga) bulan, dimulai dari bulan April hingga Juni 2020,” ungkapnya.

Pihaknya menyadari bantuan tersebut secara keseluruhan tidak akan mencukupi kebutuhan masyarakat yang terdampak covid-19.

“Kami harapkan tentunya intervensi dari Pemprov, pemkab, pemkot untuk warga – warga lain terdampak tapi belum tersentuh bantuan sosial dari pusat tolong diperhatikan,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada Pemda ataupun Pemkot untuk memperhatikan warganya yang memang belum mendapat bantuan agar masuk dalam pendataan berikutnya.

“Mungkin ada juga penerima Bansos tapi belum masuk data, nanti diupdate untuk masuk di BST kedepanya, karena bila tidak masuk nanti tidak dapat bantuan apa-apa,” tandasnya. (ADI/Aan)