Sebanyak 136 Sekolah SD dan SMP di Lebak Alami kekosongan Jabatan Kepsek

  • Whatsapp
Lebak
Kepala Dindikbud Kabupaten Lebak, Wawan Ruswandi- (dok)

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM  – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten  Lebak, mencatat sebanyak 100 kursi lebih jabatan kepala sekolah (Kepsek) mulai dari jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), di Kabupaten Lebak kosong. Sehingga ratusan   kursi Kepsek tersebut saat ini dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) yang berasal dari sekolah terdekat.

“Iya, ada 100 kursi lebih jabatan kepala SD dan SMP yang kosong. Saat ini terpaksa dijabat oleh Plt dari sekolah terdekat. Dengan mengambil dari sekolah terdekat setidaknya lebih memudahkan mereka dalam menjalankan tugasnya,” ujar kepala Dindikbud Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi kepada awak media, Kamis (22/10/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Wawan, ratusan kursi Kepsek tersebut kosong lantaran ditinggal pensiun oleh kepsek sejak awal tahun 2020. Namun ia memastikan, meskipun ratusan jabatan kursi Kepsek di Lebak kosong, tidak akan membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) di Lebak terganggu.

“Tidak terganggu kan ada Plt. Begitu juga dengan prestasi akademik maupun non akademik masih bisa kita raih,” ujarnya.

BACA JUGA: Kasus Dugaan Mark UP Proyek HP Tablet di KCD Dikbud Banten Lebak Jangan Korbankan Peserta Didik

Dikatakan Wawan, guna memenuhi kebutuhan ratusan kepsek yang masih kosong tersebut, kata Wawan pihaknya berencana mengadakan seleksi khusus calon kepala sekolah.

Ia mengungkapkan, pengangkatan kepsek berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Kini, setiap guru yang ingin menjadi kepsek harus memiliki sertifikat dulu melalui seleksi administratif. Setelah dinyatakan lulus seleksi selanjutnya, mengikuti diklat oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK).

“Tidak mudah untuk menjadi kepsek. Karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” kata Wawan.

BACA JUGA: Dugaan Mark Up Proyek HP Tablet di KCD Dindikbud Banten Wilayah Lebak Harus Diusut Tuntas

Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Dikbud Lebak Ibnu Wahidin menambahkan, ratusan kursi kosong yang dijabat Plt tersebar di SD dan SMP. Rinciannya, 127 SD dan 9 SMP.

“Jumlah Plt Kepsek SD pasti akan semakin bertambah. Karena di 2021 ada 95 Kepsek yang memasuki pensiun. Sehingga bila ditotal di tahun 2021 ada 22 Kepsek SD yang pensiun. Sementara untuk SMP tak begitu banyak karena hanya 9 SMP yang dijabat Plt dan di tahun 2021 ada 15 kepsek yang pensiun. Sehingga totalnya akan ada 24 jabatan kepsek yang kosong. Sementara yang siap dilantik ada 8 orang,” tandasnya. (YUSUF/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.