Sebanyak 1.285 Calon Jemaah Haji Tangsel Tahun 2020 Batal Berangkat Karena Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Calon jamaah haji Tangsel batal berangkat-istimewa.

KOTA TANGSEL, REDAKSI24.COM – Sebanyak 1.285 calon jemaah haji di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) harus bersabar dan berlapang dada lantaran batal melaksanakan ibadah haji ke Mekkah pada musim haji 2020.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Abdul Rojak mengatakan, pembatalan ibadah haji 2020 tersebut merupakan keputusan resmi dari Kemenag pusat akibat adanya pandemi Covid-19 baik di Indonesia mau pun di Arab Saudi.

Bacaan Lainnya

“Pembatalan haji tahun ini sesuai putusan Menteri Agama (Menag) yang telah mengeluarkan surat putusan nomor 494 tahun 2020, tentang pembatalan haji 2020. Hari ini suratnya dikeluarkan, sudah resmi,” katanya, melalui telepon seluler kepada Redaksi24.com, Selasa (2/6/2020).

Rojak menegaskan, pihaknya akan langsung menyosialisasikan terkait pembatalan haji 2020 kepada para calon jamaah, agen travel, kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), dan masyarakat umum. “Pasti langsung kita infokan melalui surat resmi,” tegasnya.

Rojak menerangkan, 1.285 calon jamaah yang gagal berangkat haji telah melakukan pelunasan pembayaran dan siap berangkat tahun ini. Rencanannya, mereka akan dibagi menjadi empat kloter.

“Para calon jamaah yang batal haji tahun ini tetap menjadi jamaah haji Tangsel dan akan diberangkatkan pada musim haji 2021. Tetapi, kami masih menunggu informasi dari pusat,” terangnya.

Rojak mengimbau kepada seluruh calon jamaah Tangsel yang gagal ibadah haji tahun ini untuk mengambil hikmah dari putusan pembatalan tersebut. “Diharapkan seluruh jamaah haji Tangsel tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, memperdalam ilmu manasik hajinya, harus banyak sabar dan terpenting ambil hikmahnya dari pembatalan haji di tahun ini. Ambil hikmah positifnya, kita tidak tahu ada apa dibalik ini semua,” tutupnya.
(wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.