Sebagian Besar Desa di Pandeglang Belum Ajukan Dana Desa Tahap III

oleh -
Ajuan Dana Desa Tahap II
Ilustrasi Dana Desa

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Sebagian besar desa di Pandeglang, Banten, saat ini belum mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap III. Dari sebanyak 326 desa se Pandeglang, baru sebanyak 60 desa yang sudah mengajukan DD tahap III tersebut.

Kasi Pengendali Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemeritahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Ahmad Mubarok mengatakan, sejauh ini masih banyak desa yang belum mengajukan pencairan DD tahap III. Padahal, kata dia, anggaran DD sudah ditransfer ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pandeglang.

“Pengajuan dari desa belum maksimal. Saat ini kami sedang menunggu semua desa mengajukan pencairannya. Progres pengajuan untuk tahap III sekarang ini baru ada 60 desa, namun sebagian besar desa belum mengajukan,” ungkap Mubarok, melalui sambungan teleponnya, Kamis (6/7/11/2019).

Diakuinya, anggarannya sudah ditransfer dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke RKUD. Jadi nika proposal sudah masuk, nanti dari RKUD akan ditransper ke rekening kas masing-masing desa.

“Kalau pengajuannya sudah masuk, nanti bisa segera dicairkan. Karena dananya sudah ada,” katanya.

BACA JUGA:

. Didakwa Korupsi Dana Desa, Kades Pudar Serang Segera Diadili

. Operator Desa Klutuk Bongkar Penyelewengan Dana Desa

. Desa di Kabupaten Serang Dapat Dana Hibah dari Kementerian PUPR

Menurutnya, berkaca pada tahun lalu, pihaknya telah menargetkan agar semua desa di bulan Nopember ini menyelesaikan pengajuannya. Sebab ia tidak menginginkan pencairan DD tahap III diinjury time itu kembali terulang.

“Kami harapankan lebih cepat lebih baik, karena kami juga tidak mau lagi pencairan di injury time terulang. Makanya teman-teman (kepala desa) paling lambat di Nopember ini semua desa sudah mengajukan proposal pencairan,” ujarnya.

Lanjut dia, pada tahap kedua DPMPD sudah menyalurkan DD ke rekening desa sekitar Rp180 miliar dengan rata-rata antara Rp700 juta sampai Rp1,2 miliar perdesa. Dikatakannya, jumlah total DD tahun ini yang diberikan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp261 miliar.

“Kami juga tidak memungkiri dalam laporan DD tahap II tidak berjalan mulus, karena dari 326 desa, ada satu desa yang belum menyelesaikan dan menyerahkan laporannya. Namun kami minta bagi yang belum menyelesaikan laporan, segera dirampungkan,” pintanya.

Dijelaskannya, desa yang belum mengajukan laporan DD tahap II itu Desa Kadupandak, Kecamatan Picung. Adapun kendala terlambatnya laporan tahap II di desa itu, karena masih ada persyaratan yang belum lengkap, sehingga laporan belum bisa diserahkan.

Terpisah, Plt Kepala DPMPD Pandeglang, Ramadani membenarkan, saat ini pihaknya sedang menunggu pengajuan DD tahap III dari desa-desa. Karena masih banyak desa yang belum mengajukannya.

“Uangnya sudah ada, jika semuanya sudah selesai mengajukan, kami langsung merekomendasikan dan mengajukannya ke BUD (Bendahara Umum Daerah),” tegasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *