SDABMBK Tangsel Terapkan Management Resiko Banjir di Perumahan PBI Jombang

oleh -

TANGSEL, Redaksi24.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga Bina konstruksi (SDABMBK) Tangsel sangat serius untuk melakukan pencegahan banjir dengan penanganan perbaikan aliran sungai dan situ (danau) yang menjadi penyebab banjir.

Langkah cepat telah dilakukan, yakni dengan adanya pembangunan turap di Perumahan Puri Bintaro indah merupakan salah satu bagian dari proses management resiko banjir dalam pengendalian banjir di Kota Tangsel.

Diketahui, keberadaan turap sebelumnya sudah tidak dapat menampung debit air selain menggenangi area perumahan juga menggenangi area Tol Serpong-Pondok Aren di Km 8.

Kepala Dinas Robbi Cahyadi, ST. MT mengatakan, pembangunan turap sungai Puri Bintaro Indah merupakan bagian dari program penataan sungai di Kota Tangerang Selatan guna meningkatkan kapasitas sungai dan fungsi sungai.

Dimana sambung Roby Cahyadi, pembangunan turap sepanjang 790 meter dengan rincian 450 meter sisi kanan dan 340 meter sisi kiri, tinggi rata-rata 3,6 meter, dengan lebar 6,5 – 7 meter dimana sebelumnya hanya 4 – 4,5 meter dan dimulut sungai sesudah tol juga telah dilebarkan kurang lebih 14 meter.

“Penataan kali Cibenda di Perumahan Puri Bintaro Indah juga disertai penataan drainase, dilengkapi pintu air juga kolam tampung karena perumahan ini merupakan cekungan, maka dilengkapi pompa air untuk membuangnya ke kali Cibenda,” Kata Roby Cahyadi Jumat (3/3/2023).

Robbi Cahyadi menyerukan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan agar hasil penataan kawasan banjir ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita minta masyarakat untuk menjaga lingkungan agar penataan kawasan banjir ini benar-benar terjaga,” ujarnya.

Walikota Tangsel Benyamin Davnie menuturkan, penataan sungai yang tidak tertata dapat menimbulkan banyak permasalahan, seperti longsor dan penyempitan badan sungai. Untuk itu, kata Benyamin, diperlukan perbaikan fisik infrastruktur serta ekosistem secara keseluruhan, agar kawasan sungai dan sempadannya tertata dengan rapi.

“Makanya penataan ini sebagai upaya pemkot Tangsel dalam pengelolaan SDA yang terencana, terarah, terpadu serta berkelanjutan. Dan penanganan banjir manfaatnya juga dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” Pungkasnya. (Van)