Satgas COVID-19 di Kabupaten Tangerang Tindak Tegas PKL Berkerumun

oleh -
satgas covid-19, perumahan sudirman indah, PKL, berkerumun, tindak tegas, kabupaten tangerang, ketua RW,
Satgas Covid-19 Perumahan Sudirman Indah rutin menggelar razia protokol kesehatan.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Jajaran Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 tingkat Rukun Warga (RW) 06 Kelurahan Tigaraksa dan RW 12 Desa Pasir Nangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, kembali melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Perumahan Sudirman Indah.

Kegiatan tersebut dipantau Lurah Tigaraksa Ramawinata, Babinsa Koramil Tigaraksa Kodim 0510/Tigaraksa, Korem 052/Wijayakrama Sertu Ramdan. Kegiatan yang dilaksanakan sejak Minggu (21/3/2021) pagi itu, dibarengi kegiatan pembagian masker kepada pengguna jalan yang keluar rumah tidak menggunakan masker.

Ketua RW 06 Kelurahan Tigaraksa Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Abdul Munir H Syarif Mansyur mengatakan, penertiban pedagang merupakan tindak lanjut Surat Edaran Bupati Tangerang Nomor: 44.3.2/972.Bag.Huk/2021 tentang perpanjangan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro (PPKM Mikro) dan mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian COVID-19 di Kabupaten Tangerang.

“Penertiban PKL ini kami menjalankan amanat Perbup Tangerang tentang PPKM Mikro terutama terkait kerumunan yang ada di Perumahan Sudirman Indah Tigaraksa,” ujar Munir.

Menurut Munir yang menjabat Ketua RW 06 Kelurahan Tigaraksa sekitar 3 bulan lalu itu mengaku, penertiban PKL terutama pedagang yang dari luar Perumahan Sudirman Indah Tigaraksa dilakukan bersama jajaran RW 12 Desa Pasir Nangka.

“Sudah dua bulan kami melakukan penertiban PKL, menjaga pintu gerbang utama dan gerbang pintu dua, tujuan agar pedagang tidak masuk ke dalam perumahan, tetapi karena mereka nekat ingin jualan sebelum subuh sudah datang ke lokasi,” tegasnya.

BACA JUGA: Kemensos RI Asistensi Dinsos Kabupaten Tangerang Perbaiki Data Penerima Bansos

“Kami juga sudah melakukan pendataan kepada pedagang, baik dari dalam maupun dari luar, sedangkan pedagang dari dalam Sudirman Indah Kelurahan Tigaraksa kami menyerahkan kartu pedagang,” tegasnya.

Ketua RW 12 Desa Pasir Nangka Kecamatan Tigaraksa, Enjen Jaelani menambahkan, sudah enam kali melakukan penertiban PKL di Perumahan Sudirman Indah. Hal itu dilakukan untuk mewaspadai penyebaran virus corona.

Ia mengaku jajaran RW 12 dan para ketua RT dan juga RW 06 Kelurahan Tigaraksa yang tergabung dalam tim Satgas COVID-19 menjaga gerbang perumahan agar pedagang tidak masuk ke dalam lingkungan perumahan.

“Setelah dijaga tim Satgas Covid-19 RW 12 Pasir Nangka dan RW 06 Kelurahan Tigaraksa kerumunan pedagang luar tidak terlalu banyak, masih ada yg jualan mungkin mereka masuk di jalan lintas atau masuk sejak subuh sebelum tim kami jaga,” jelas Enjen.

Enjen menyebut, pihaknya melakukan penjagaan di pintu masuk Perumahan Sudiirman yang berada di pintu Utama Pos 1 dan pintu pos 2 di Jalan Aria Santika. Pihaknya juga menutup pintu gerbang masuk perumahan untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, Lurah Tigaraksa Ramawinata berharap jajaran RW 06 Kelurahan Tigaraksa selama masa pandemi COVID-19 untuk selalu menertibkan PKL, karena dengan adanya pedagang yang berjualan pasti terjadi kerumunan.

Ramawinata mengapresiasi para ketua RW yang menginisiasi penertiban PKL di Perumahan Sudirman Indah, karena tujuan dari monitoring sebagai upaya pemerintah menekan laju penularan covid-19 yang ada di Perumahan Sudirman indah.

“Saat ini wilayah kami masuk dalam kategori zona hijau, akan tetapi kegiatan ini perlu dilakukan karena ini upaya kami demi menjaga agar Tigaraksa tetap aman dari virus corona,” ujarnya.

Babinsa Koramil Tigaraksa Kodim 0510/Tigaraksa, Sertu Ramdan yang hadir pada kegiatan penertiban PKL di Perumahan Sudirman Indah meminta kepada Satgas Covid-19 tingkat RW untuk terus melakukan penertiban protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.(IKP/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.