Salat Istisqo di Alun-Alun Menes, Ribuan Warga Pandeglang Berharap Hujan

  • Whatsapp
Warga Pandeglang menggelar shalat Istisqo di Alun-Alun Menes.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Ribuan warga Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten menggelar Salat Istisqo di Alun-Alun Kecamatan Menes, Senin (23/9/19). Salat minta hujan itu dilakukan, karena banyaknya warga Pandeglang yang dilanda kekeringan, akibat kemarau panjang.

Kegiatan Salat Istisqo atau Shalat minta hujan yang diikuti ribuan warga dan pelajar tersebut, dimotori pihak Matlaul Anwar, dengan harapan agar segera turun hujan.

Bacaan Lainnya

Ketua Bidang OKK PB MA, Muhamad Zen mengatakan, sebagaimana diketahui prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau masih akan berlangsung lama, diperkirakan hujan mulai turun pada November.

“Namun tidak ada salahnya bahkan sebagai umat Muslim diharuskan untuk berdoa dan meminta kepada Allah SWT, agar segera ada turun hujan. Sebab akibat kemarau ini masyarakat banyak yang kesulitan air,” ungkapnya.

Sebagai manusia beriman, lanjut M Zen, tentu wajib percaya kepada Allah semua fenomen alam ada dalam genggaman kekuasaannya, termasuk menurunkan hujan. Sebagaimana Salat Istisqo itu pernah dilakukan Rasulullah SAW, seauai Hadist Riwayat Abu Daud Nomor 117 yang diceritakan Aisyah RA.

“Salat istisqo atau shaalt meminta hujan hukumnya sunnah muakadah. Shalat istisqo juga pernah dilakukan Rasulullah SAW,” katanya.

BACA JUGA:

. Ratusan Warga Curugbadak Lebak Gelar Shalat Istisqa

. Musim Kemarau, Pemkab Pandeglang Keukeuh Tambah Luas Tanam

. Berharap Hujan, Jajaran PDAM TKR dan Warga Gelar Salat Istisqo

Dalam hal ini kata Zen, sesuai dengan misinya, Mathla’ul Anwar sebagai lembaga memberi penerang bagi ummat mengajak dan menyelenggarakan shalat istisqo di Alun Alun Menes. “Dengan salat istisqo ini diharapkan umat semakin meningkat ketakwaannya kepada Allah SWT, serta menguatkan keyakinan Allah Maha Pemberi, Pertolongan atas semua persoalan yang dihadapi manusia, termasuk masalah kemarau dan  kekeringan yang saat ini sedang melanda Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, akibat kemarau panjang menyebabkan mudahnya terjadi kebakaran dimana-mana. Kebakaran hutan sudah terjadi di berbagai provinsi. Maka Mathla’ul Anwar sangat peduli dengan berbagai musibah yang dialami masyarakat, akibat kemarau panjang ini.

“Sebab itulah Mathla’ul Anwar menyelenggarakan salat istisqo untuk meminta agar segera diturunkan hujan oleh Allah SWT,” harapnya.

Selain menyelenggarakan Salat Istisqo, tambah Zen, Mathla’ul Anwar juga sudah membantu mengurangi kesulitan warga dalam mendapatkan air bersih, yaitu dengan mengirimkan truk tangki air ke beberapa lokasi.

“Mudah-mudahan setelah melaksanakan Shalat Istisqo ini, hujan akan segera turun,” harapnya. (Samsul Fatoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.