Sah, 20 Ribu Pelanggan Perumdam TKR di 3 Kecamatan Kota Tangerang Diserahkan ke PDAM TB

oleh -
Sah, 20 Ribu Pelanggan Perumdam TKR di 3 Kecamatan Kota Tangerang Diserahkan ke PDAM TB
Jajaran direksi Perumdam TKR dan PDAM Tirta Benten menandatangani perjanjian jual beli air curah.

TANGERANG,REDAKSI24.COM–Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang menyerahkan aset 20 ribu sambungan pelanggan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng (TB), Rabu (1/9/2021). Sehingga per 1 September 2021 ini seluruh pengelolaan air berikut penagihannya kepada pelanggan yang tersebar di 3 kecamatan Kota Tangerang tersebut yakni, Kecamatan Tangerang, Neglasari dan Karawaci  menjadi kewenangan PDAM TB.

Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Safar menyampaikan penyerahan aset 20 ribu sambungan pelanggan ini merupakan bagian dari 70 ribu aset Perumdam TKR yang akan diserahkan ke PDAM TB. 

BACA JUGA: Bentuk Satgas Oksigen, Pemkab Tangerang Tunjuk Dirut Perumdam TKR Sebagai Koordinator

“Setelah tahap satu, dalam waktu 2,5 tahun, Perumdam TKR juga akan menyerahkan aset ke Tirta Benteng. Untuk wilayah 2 dan wilayah 3, dengan jumlah pelanggan sekitar 50.000,” papar pria yang mendapat anugerah Top CEO BUMD tahun 2020 dari dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini.

BACA JUGA: Ombudsman Banten Puji Kinerja Perumdam TKR Terkait Pelayanan Air Bersih ke Masyarakat

Walau sudah diserahkan kepada PDAM TB ujar Sofyan, demi tetap berjalannya pelayanan air dengan lancar kepada masyarakat maka Perumdam TKR akan tetap menyuplai air bersih kepada pelanggan lewat perjanjian jual beli air curah dengan PDAM TB.

BACA JUGA: PDAM TB Akan Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Tangerang

“Untuk perjanjian jual beli air curah ditargetkan selama 1 tahun ke depan, dan itu bisa diperpanjang  tergantung kesiapan perpipaan yang tengah disiapkan oleh PDAM TB,” papar pria yang sebelumnya juga menjabat sebagai Direktur Umum Perumdam TKR ini.     

Sofyan juga menjelaskan meski kehilangan 20 ribu pelanggan, namun hal itu tidak berdampak pada kinerja perusahaan. Dengan penyerahan ini menurut Sofyan akan membuat perusahaan akan lebih fokus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Tentunya kami memiliki tugas untuk mengejar target RPJMD yakni bisa melayani air bersih kepada 60 persen warga Kabupaten Tangerang dan itu sesuai dengan visi misi Bapak Bupati Tangerang,” papar Sofyan.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Sumarya mengatakan, bahwa 20 ribu pelanggan di wilayah satu itu per 1 September 2021 ini. Pelayanan hingga pembayaran pemakaian air sudah di perusahaan milik Pemerintah Kota Tangerang tersebut.

“Per hari ini kami sudah melakukan pembacaan meter (pemakaian air), nanti tagihan bulan Oktober sudah ke Tirta Benteng,” ucapnya.

Sumarya menyebut, sudah menyiapkan tim untuk mensosialisasikan kepada pelanggan di wilayah satu. Bahwa pelayanan di Kecamatan Tangerang, Neglasari, dan Karawaci itu kini telah beralih ke Tirta Benteng.

“Kami akan memasang spanduk, brosur dan melalui camat serta forum RW untuk mensosialisasikan, bahwa mereka sudah bisa melakukan komplain. Juga pembayaran dengan menyebutkan identitas sebagai pelanggan Tirta Benteng,” jelasnya.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.